STUDI KASUS KEHIDUPAN REMAJA MANTAN PECANDU NARKOBA

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya remaja Indonesia yang menjadi pecandu narkoba. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan perkembangan fisik remaja mantan pecandu narkoba, (2) Mendeskripsikan perkembangan  kognisi  remaja  mantan  pecandu  narkoba,  (3)  Mendeskripsikan  perkembangan  sosio-emosional remaja mantan pecandu narkoba yang terdapat atau berasal dari Panti Sosial Pamardi Putra Sehat Mandiri.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan dalam penelitian ini terdiri dari  2  subjek  dan  3  key  informan.  Kedua  subjek  berada  dalam  rentang  usia  masa  remaja  akhir.  Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara mendalam. Uji keabsahan data dilakukan dengan  trianggulasi  teknik dan  trianggulasi  sumber. Teknik analisis data  yang digunakan  yaitu  reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Subjek 1 pada penelitian ini telah mengonsumsi narkoba selama 5 tahun dan mengikuti proses rehabilitasi selama 2 bulan, sedangkan subjek 2 telah mengonsumsi narkoba selama 3 tahun dan mengikuti proses rehabilitasi selama 6 bulan. Hasil penelitian terhadap 2 remaja mantan pecandu narkoba dilihat dari aspek: 1) Perkembangan fisik, kedua subjek memiliki kondisi fisik yang baik didukung dengan pola hidup yang baik pula. (2) Perkembangan kognisi, kedua subjek dapat menyelesaikan masalah dengan baik. Subjek menjadi pelupa setelah mengonsumsi narkoba. Dalam kemampuan intelektual, subjek pertama tidak mengalami penurunan prestasi akademik. Hal sebaliknya dialami subjek kedua. (3) Perkembangan sosio-emosional, kedua subjek dapat mengendalikan emosi. Akan tetapi subjek pertama pasif terhadap kegiatan di lingkungan tempat tinggal. Berbeda dengan subjek kedua yang aktif dalam berbagai kegiatan yang diadakan oleh panti rehabilitasi narkoba.
Kata kunci: Remaja, Narkoba
Penulis: Diah Ardiantina
Kode Jurnal: jpbkdd160518

Artikel Terkait :