Pengembangan Software Anti Narkoba Dalam Layanan Informasi Untuk Remaja

Abstract: Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan R & D (Research and Development) atau penelitian pengembangan yang menghasilkan suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan software anti narkoba dalam layanan informasi untuk remaja. Produk pengembangan yang dihasilkan terdiri atas dua jenis, yaitu 1) Buku : Panduan penggunaan media software anti narkoba dalam layanan informasi untuk remaja, 2) software : software anti narkoba dalam layanan informasi untuk remaja. Media tersebut dikembangkan dengan memenuhi kriteria akseptabilitas yang sesuai dengan aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan.
Pengembangan software anti narkoba dalam layanan informasi untuk remaja mengadopsi tahapan model pengembangan Borg & Gall yang telah disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov. Dalam proses pengembangan awal, pengembang melakukan konsultasi dengan ahli media untuk mendapatkan masukan dan saran tentang media yang dikembangkan. Untuk mengetahui akseptabilitas produk maka dilakukan uji ahli validasi ahli media, validasi ahli materi dan uji validasi ahli lapangan ( guru BK ). Instrumen penelitian ini berupa angket yang digunakan untuk mengetahui akseptabilitas produk. Adapun hasil penilaiannya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil validasi uji ahli dan uji ahli lapangan (guru BK) menunjukan bahwa software anti narkoba dalam layanan informasi untuk remaja memenuhi kriteria akseptabilitas yang sesuai dengan aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan. Skor yang diperoleh dari hasil validasi uji ahli media  (72,7%), validasi uji ahli materi (81,5%) dan uji ahli lapangan (79,8%) masuk kedalam kategori baik dan tidak perlu revisi. Dengan demikian, software anti narkoba dalam layanan informasi untuk remaja dapat digunakan sebagai media dalam layanan informasi untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang bahaya narkoba.
Kata Kunci: software, anti narkoba
Penulis: MIA SURYA DYANTI
Kode Jurnal: jpbkdd170092

Artikel Terkait :