PENGEMBANGAN MEDIA SOFTWARE PEMILIHAN JURUSAN DI SMA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 CERME

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena salah jurusan yang terjadi pada siswa di sekolah menengah tingkat atas. Jurusan yang ada di SMA membuat siswa mengalami kebingungan dalam menentukan jurusan yang tepat. Karena itulah perlu adanya informasi yang tepat sebagai bentuk informasi bagi siswa, salah satunya adalah media software.
Pengembangan media software pemilihan jurusan ini adalah penelitian pengembangan dengan model dari Borg and Gall (1983) yang telah disederhanakan oleh Tim Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan (Puslitjaknov) menjadi lima tahap. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket untuk melakukan validasi pada uji ahli dan calon pengguna produk.
Berdasarkan hasil penelitian menerangkan bahwa media software pemilihan jurusan di SMA ini berisi (1) pengukuran kecakapan, (2) nilai akademik, (3) nilai UN, (4)  prestasi non akademik, (5) saran orang tua, (6) saran guru BK. Penilaian validator ahli materi menunjukkan kriteria “sangat baik” (92,1%), validator ahli media menunjukkan kriteria “baik” (73%). Sedangkan penilaian validator calon pengguna, menunjukkan kriteria “baik”(75,9%). Keseluruhan perolehan prosentase hasil uji ahli Bimbingan dan Konseling dan uji validasi calon pengguna jika dibandingkan dengan kriteria kelayakan produk menurut Mustaji (2005) adalah baik tanpa ada revisi dan memenuhi kriteria akseptabilitas.
Kata Kunci: Pengembangan, media software, pemilihan jurusan, SMA
Penulis: HARIATI KHOIROH
Kode Jurnal: jpbkdd170096

Artikel Terkait :