PENGEMBANGAN MEDIA CD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMPN 27 SURABAYA

Abstract: Penelitian ini berawal dari fenomena pendidikan, terutama di kalangan siswa sekolah menengah pertama yang saat ini masih kurang dalam motivasi belajar. Motivasi sangat penting dalam belajar untuk mencapai prestasi belajar. Kurangnya motivasi belajar pada siswa akan mengakibatkan kurang perhatian terhadap pelajaran, berbicara ketika pelajaran berlangsung dan kurang aktif bertanya. Dengan demikian akan mengakibatkan siswa tidak maju dalam proses belajar dan sulit untuk mencapai tujuan belajar dengan baik. Hal tersebut membuat pentingnya pemahaman mengenai motivasi belajar untuk siswa SMP khususnya kelas VII.
Tujuan penelitian ini  adalah menghasilkan produk berupa CD Interaktif sebagai media untuk memberi pemahaman tentang meningkatkan motivasi belajar yang memenuhi kriteria akseptabilitas mencakup aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan. Model pengembangan yang dalam penelitian ini diadaptasi dari prosedur pengembangan Borg & Gall ( 1983 ) dalam ( Setyosari, 2012 ) bahwa model ini menggariskan langkah-langkah seperti penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaa,pengembangan format produk awal, uji coba awal, revisi produk, uji coba calon pengguna, rvisi produk.
Dari hasil uji coba dengan ahli materi diperoleh rerata presentase sebesar 83,43 %, hasil ahli media diperoleh 95,04 %, dan hasil uji coba dengan calon pengguna diperoleh rerata 95,33 %. Selanjutnya rata – rata dari semua presentase hasil validasi adalah 91,26. Setelah mendapatkan data tersebut dihasilkan pula kualitatif berupa saran atau masukan untuk perbaikan produk. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, media CD Interaktif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa telah memenuhi kriteria akseptabilitas dengan predikat sangat baik dan dapat digunakan oleh konselor dalam memberikan layanan informasi di sekolah.
Kata Kunci: Pengembangan, Media, Motivasi Belajar, CD Interaktif
Penulis: CITRA AYU PUSPITA
Kode Jurnal: jpbkdd170090

Artikel Terkait :