PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PERILAKU PROSOSIAL UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 CANDI SIDOARJO

Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi dari studi lapangan di SMP Negeri 3 Candi Sidoarjo, peneliti mengambil data dengan melakukan metode observasi, wawancara,  angket kepada guru bimbingan konseling dan siswa. Kemudian ditemukan hasil rata-rata siswa mengalami kurangnya pemahaman tentang perilaku prososial serta belum adanya media yang cocok untuk memberikan penjelasan mengenai prososial yang meliputi topik berbagi, kerjasama, donasi, menolong dan kejujuran. Oleh karena itu diperlukan adanya sebuah media pembelajaran bagi guru BK dan siswa dalam memahami perilaku prososial melalui layanan bimbingan klasikal dengan teknik diskusi kelompok.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan Fenrich yang terdiri atas 6 tahapan yaitu tahap analisis, tahap perencanaan, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, tahap evaluasi dan revisi. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan sebuah produk buku panduan perilaku prososial untuk siswa kelas VIII sekolah menengah pertama yang memenuhi kriteria akseptabilitas yaitu kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan. Keterbatasan penelitian tidak sampai pada fase implementasi dan evaluasi.
Hasil akhir setelah peneliti melakukan kegiatan identifikasi kebutuhan di SMP Negeri 3 Candi Sidoarjo untuk mengembangkan buku panduan perilaku prososial maka dapat disimpulkan beberapa data dari uji validasi ahli materi, ahli media dan calon pengguna produk sehingga data kuantitatif yang telah diperoleh melalui uji validasi ahli materi bimbingan dan konseling maka hasil produk yang mencakup empat aspek akseptabilitas dengan nilai keseluruhan 86,3% yang menurut Mustaji (2005) masuk dalam kategori “sangat baik dan tidak perlu direvisi”.
Sedangkan dari data kuantitatif yang telah diperoleh melalui uji validasi ahli media maka hasil yang diperoleh rata-rata yaitu 83,3% yang menurut Mustaji (2005) masuk dalam kategori “sangat baik dan tidak perlu direvisi”. Lalu jika dilihat dari data kuantitatif yang telah diperoleh maka hasil produk yang mencakup empat aspek akseptabilitas yang dinilai oleh calon pengguna produk buku panduan (konselor) dengan nilai keseluruhan 92% yang menurut Mustaji (2005) masuk dalam kategori “sangat baik dan tidak perlu direvisi”.
Secara keseluruhan buku panduan perilaku prososial memperoleh presentase nilai 87,2% dengan kategori “sangat baik dan tidak perlu direvisi”. Maka berdasarkan hasil analisis data secara kuantitatif tersebut dapat disimpulkan bahwa buku panduan perilaku prososial bagi siswa kelas VIII sekolah menengah pertama telah memenuhi kriteria akseptabilitas dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah jenjang SMP / Sederajat.
Kata Kunci: Pengembangan, Buku Panduan, Perilaku Prososial, Siswa SMP
Penulis: Meirina Wibawani
Kode Jurnal: jpbkdd170110

Artikel Terkait :