PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PENGELOLAAN EMOSI MARAH DENGAN STRATEGI EMOTIONAL LITERACY UNTUK SISWA KELAS VIII SMP 3 CANDI SIDOARJO

Abstract: Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMP Negeri 3 Candi Sidoarjo, ditemukan beberapa permasalahan siswa terkait dengan pengelolaan emosi marah. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman siswa tentang pengelolaan emosi marah. Selain itu, kurangnya media yang digunakan konselor dalam memberikan layanan informasi terkait dengan pengelolaan emosi marah. Karena itulah perlu adanya informasi yang tepat sebagai bentuk informasi bagi siswa salah satunya adalah buku panduan.
 Pengembangan buku panduan pengelolaan emosi marah dengan strategi emotional literacy untuk siswa SMP kelas VIII  ini merupakan bentuk pengembangan media cetak berupa buku yang berisi pembahan tentang emosi marah, pengelolaan emosi marah, strategi emotional literacy, serta tahap-tahap strategi emotional literacy yang dikemas dalam bentuk cerita dan terdapat lembar kerja siswa.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan dari Bolg and Gall(1983) yang telah disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov(2008). Tujuan buku panduan pengelolaan emosi marah dengan strategi emotional literacy untuk siswa SMP kelas VIII  yang kemudian diuji akseptabilitasnya dengan empat aspek yaitu kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan dengan keterbatasan sampai uji ahli pengguna(konselor).
Hasil analisis buku panduan pengelolaan emosi marah dengan strategi emotional literacy untuk siswa SMP kelas VIII  menunjukan persentase kegunaan dengan hasil 90,8%, kelayakan dengan hasil penilaian 91,05%, ketepatan dengan hasil penilaian 95%, kepatutan dengan hasil penilaian 94,95% hasil penilaian rata-rata 92,70%, yang termasuk ke dalam kategori sangat baik dan tidak perlu direvisi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku panduan pengelolaan emosi marah dengan strategi emotional literacy untuk siswa SMP kelas VIII  telah memenuhi kriteria akseptabilitas yang meliputi kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan untuk diberikan kepada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Candi Sidoarjo.
Kata Kunci: Pengembangan, Buku Panduan, Pengelolaan Emosi Marah, Strategi Emotional Literacy
Penulis: Siti Muslimah, Wiryo Nuryono
Kode Jurnal: jpbkdd170112

Artikel Terkait :