PENGEMBANGAN BUKU PAKET KEDISIPLINAN UNTUK SISWA SMPN 1 DRIYOREJO

Abstract: Penelitian pengembangan ini dilakukan setelah memperoleh data dari wawancara dengan guru BK bahwa siswa SMPN 1 Driyorejo kurang memahami kedisiplinan, yang mengakibatkan siswa tidak berperilaku disiplin di sekolah, seperti terlambat, meninggalkan jam pelajaran, dan tidak memperhatikan penjelasan guru. Guru BK telah melakukan upaya dengan memberikan layanan bimbingan dan konseling. Sekolah juga menyediakan LKS untuk siswa, namun ternyata siswa masih berperilaku tidak disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang disusun untuk mendukung layanan informasi bimbingan dan konseling di SMPN 1 Driyorejo. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang memenuhi kriteria akseptabilitas, meliputi : kegunaan, kelayakan, kepatutan, dan ketepatan.
Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan Borg & Gall (2003), namun karena keterbatasan peneliti, maka tahap yang dilaksanakan hanya sampai pada lima tahap yaitu analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan format produk awal, validasi produk awal, dan revisi produk tahap awal.
Dari tahapan yang dilaksanakan, diperoleh data kuantitatif dan kualitatif berupa kritik dan saran terhadap produk yang dikembangkan. Hasil uji validasi rata-rata prosentase aspek kegunaan sebesar 90,6%, kelayakan sebesar 87,5%, ketepatan sebesar 91,7%, dan kepatutan sebesar 87,5%. Sedangkan dari hasil uji calon pengguna diperoleh rata-rata prosentase aspek kegunaan sebesar 87,5%, kelayakan sebesar 81,25%, ketepatan sebesar 100% dan kepatutan sebesar 89%. Hasil penelitian tersebut apabila dibandingkan dengan kriteria akseptabilitas menurut Mustaji (2005:12) adalah sangat baik dan tidak perlu direvisi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa buku paket kedisiplinan untuk siswa SMPN 1 Driyorejo memenuhi kriteria akseptabilitas dengan criteria sangat baik.
Kata Kunci: Pengembangan, buku paket, kedisiplinan
Penulis: PUPUT KURNIASARI
Kode Jurnal: jpbkdd170108

Artikel Terkait :