PENGEMBANGAN APLIKASI PENGENALAN BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA LAYANAN INFORMASI UNTUK SISWA SMP NEGERI 3 GRESIK
Abstract: Latar belakang
penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap Bimbingan dan
Konseling, sementara upaya pengenalan Bimbingan dan Konseling hanya
mengandalkan LKS atau media yang kurang menarik. Disisi lain pemanfaatan media
berbasis teknologi modern oleh guru Bimbingan dan Konseling belum dilaksanakan.
Padahal berdasarkan data yang diperoleh dari siswa SMPN 3 Gresik kelas VII
berjumlah 80 siswa memiliki smarphone android sebanyak 80 % yaitu 64 siswa,
smarphone ipone sebanyak 15 % yaitu 12 siswa. Data tersebut sebagai pijakan
membuat aplikasi berbasis android untuk mengenalkan Bimbingan dan Konseling.
Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan produk berupa aplikasi
Pengenalan Bimbingan dan Konseling
berbasis android yang dikemas dengan animasi icon Bimbingan dan Konseling.
Media yang dikembangkan berlandaskan materi dasar–dasar bimbingan dan konseling
dengan bahasa yang sederhana dan komunikatif. Prosedur pengembangan dari
penelitian ini mengacu pada Borg and Gall (1983) prosedur tersebut digunakan
sesuai kebutuhan peneliti untuk menghasilkan produk yang memenuhi kriteria akseptabilitas
dan layak untuk digunakan.
Hasil uji validasi ahli materi Bimbingan dan Konseling, terhadap
penilaian kualitas isi materi aplikasi pengenalan Bimbingan dan Konseling siswa
sekolah menengah pertama. diperoleh persentase dengan kriteria kegunaan sebesar
91,6% kriteria kelayakan sebesar 96,4%, kriteria ketepatan sebesar 89,2%, dan
kriteria kepatutan sebesar 90%. Rata - rata dari keseluruhan kriteria adalah
92% dan hasil rata– rata penilaian buku
panduan diperoleh 97,7%. Hasil penilaian akseptabilitas ahli media terhadap
aplikasi pengenalan Bimbingan dan Konseling berbasis android sebagai media
layanan informasi untuk siswa SMP diperoleh presentase secara keseluruhan
sebesar 91,3% dan hasil penilaian buku panduan
diperoleh 90,4%. Hasil uji validasi calon pengguna lapangan (Guru BK) SMPN 3
Gresik diperoleh rata–rata aspek kegunaan 91,6%, aspek kelayakan 89,2%, aspek
ketepatan 85,7%, aspek kepatutan 90%. Rata–rata penilaian keseluruhan yang
diperoleh yaitu 89% dan rata–rata prosentase buku panduan 75%. Hasil calon
pengguna lapangan (siswa) SMPN 3 Gresik diperoleh rata–rata aspek kegunaan
90,4%, aspek kelayakan 91%, aspek ketepatan 88,4%, aspek kepatutan 90,8%.
Rata–rata penilaian keseluruhan yang diperoleh yaitu 97,3%. Berdasarkan
penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa media aplikasi pengenalan Bimbingan
dan Konseling berbasis android sebagai media layanan informasi untuk siswa SMPN
3 Gresik memenuhi kriteria akseptabilitas.
Penulis: TOTOK KURNIAWAN, Evi
Winingsih
Kode Jurnal: jpbkdd170120