PENGEMBANGAN APLIKASI PENGENALAN BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA LAYANAN INFORMASI UNTUK SISWA SMP NEGERI 3 GRESIK

Abstract: Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap Bimbingan dan Konseling, sementara upaya pengenalan Bimbingan dan Konseling hanya mengandalkan LKS atau media yang kurang menarik. Disisi lain pemanfaatan media berbasis teknologi modern oleh guru Bimbingan dan Konseling belum dilaksanakan. Padahal berdasarkan data yang diperoleh dari siswa SMPN 3 Gresik kelas VII berjumlah 80 siswa memiliki smarphone android sebanyak 80 % yaitu 64 siswa, smarphone ipone sebanyak 15 % yaitu 12 siswa. Data tersebut sebagai pijakan membuat aplikasi berbasis android untuk mengenalkan Bimbingan dan Konseling.
Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan produk berupa aplikasi Pengenalan  Bimbingan dan Konseling berbasis android yang dikemas dengan animasi icon Bimbingan dan Konseling. Media yang dikembangkan berlandaskan materi dasar–dasar bimbingan dan konseling dengan bahasa yang sederhana dan komunikatif. Prosedur pengembangan dari penelitian ini mengacu pada Borg and Gall (1983) prosedur tersebut digunakan sesuai kebutuhan peneliti untuk menghasilkan produk yang memenuhi kriteria akseptabilitas dan layak untuk digunakan.
Hasil uji validasi ahli materi Bimbingan dan Konseling, terhadap penilaian kualitas isi materi aplikasi pengenalan Bimbingan dan Konseling siswa sekolah menengah pertama. diperoleh persentase dengan kriteria kegunaan sebesar 91,6% kriteria kelayakan sebesar 96,4%, kriteria ketepatan sebesar 89,2%, dan kriteria kepatutan sebesar 90%. Rata - rata dari keseluruhan kriteria adalah 92% dan hasil rata– rata  penilaian buku panduan diperoleh 97,7%. Hasil penilaian akseptabilitas ahli media terhadap aplikasi pengenalan Bimbingan dan Konseling berbasis android sebagai media layanan informasi untuk siswa SMP diperoleh presentase secara keseluruhan sebesar 91,3%  dan hasil penilaian buku panduan diperoleh 90,4%. Hasil uji validasi calon pengguna lapangan (Guru BK) SMPN 3 Gresik diperoleh rata–rata aspek kegunaan 91,6%, aspek kelayakan 89,2%, aspek ketepatan 85,7%, aspek kepatutan 90%. Rata–rata penilaian keseluruhan yang diperoleh yaitu 89% dan rata–rata prosentase buku panduan 75%. Hasil calon pengguna lapangan (siswa) SMPN 3 Gresik diperoleh rata–rata aspek kegunaan 90,4%, aspek kelayakan 91%, aspek ketepatan 88,4%, aspek kepatutan 90,8%. Rata–rata penilaian keseluruhan yang diperoleh yaitu 97,3%. Berdasarkan penilaian tersebut dapat disimpulkan bahwa media aplikasi pengenalan Bimbingan dan Konseling berbasis android sebagai media layanan informasi untuk siswa SMPN 3 Gresik memenuhi kriteria akseptabilitas.
Kata Kunci: Aplikasi, Pengenalan Bimbingan dan Konseling, Android
Penulis: TOTOK KURNIAWAN, Evi Winingsih
Kode Jurnal: jpbkdd170120

Artikel Terkait :