PENGARUH POROSITAS AGREGAT TERHADAP BERAT JENIS MAKSIMUM CAMPURAN

Abstract: Pada campuran beraspal panas, agregat merupakan komponen pembentuk utamanya karena memberikan sifat struktural dan juga memberikan kontribusi sebesar 90 – 95 % terhadap berat dari campuran. Agregat yang tersedia di alam mempunyai pori atau rongga udara yang berbeda dari satu lokasi dengan lokasi lainnya, hal ini dapat dilihat dengan perbedaan nilai resapan air oleh agregat. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan hubungan Porositas agregat terhadap Berat Jenis Maksimum campuran.
Dalam penelitian ini menggunakan agregat dari 3 lokasi yaitu Kinilow, Tateli dan Lolak untuk mendapatkan nilai resapan air yang berbeda. Tahapan pertama dalam penelitian ini adalah melakukan pemeriksaan agregat kasar, agregat halus dan aspal. Selanjutnya berdasarkan gradasi agregat dicari komposisi yang terbaik untuk campuran Lapis Tipis Aspal Beton (Lataston) – Lapis Aus atau Hot Rolled Sheet – Wearing Course (HRS-WC).
Dari hasil pengujian dilaboratorium, diperoleh nilai resapan air total dalam campuran sebagai berikut: Lolak= 1,419, Kinilow=1,582 dan Tateli= 1,741 sedangkan nilai berat jenis Effektif agregatrata-rata sebagai berikut: Lolak= 2,663, Kinilow=2,479 dan Tateli= 2,476. Dari hasil Perhitungan Berat Jenis Maksimum campuran secara langsung didapat nilai Gmm pada kadar aspal Rencana 7% adalah sebagai berikut: Lolak = 2,439%, Kinilow= 2,295%, dan Tateli= 2,294%.
Kata kunci: Porositas Agregat, Berat Jenis, Berat Jenis Maksimum Campuran
Penulis: Armin Lumban Toruan, Oscar H. Kaseke, Lexie F. Kereh, Theo K. Sendow
Kode Jurnal: jptsipildd130543

Artikel Terkait :