PENGARUH PENERIMAAN DIRI TERHADAP HARGA DIRI REMAJA DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRI AISYAYAH YOGYAKARTA

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya remaja panti asuhan yang merasa minder dengan keadaan dirinya sebagai yatim piatu. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui tingkat penerimaan diri remaja di panti asuhan, (2) Mengetahui tingkat harga diri remaja di panti asuhan, (3) Mengetahui pengaruh penerimaan diri terhadap harga diri remaja di Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif kausal. Subjek pada penelitian ini berjumlah 38 remaja. Alat pengumpulan data berupa skala penerimaan diri dan skala harga diri. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan expert judgment, sedangkan reliabilitas dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach, dan diperoleh nilai koefisien α 0,951 pada instrumen penerimaan diri dan 0,941 pada instrumen harga diri. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerimaan diri pada remaja di Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Yogyakarta berada pada kategori sedang atau cukup; (2) Harga diri pada remaja di Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Yogyakarta berada pada kategori sedang atau cukup; (3) Ada pengaruh positif dan signifikan variabel penerimaan diri terhadap harga diri dengan nilai p (0,000) < 0,05. Dengan demikian, variabel penerimaan diri dapat memprediksikan harga diri. Terdapat sumbangan efektif variabel penerimaan diri terhadap harga diri sebesar 34%.
Kata kunci: penerimaan diri,  harga diri, remaja panti asuhan
Penulis: Gharnish Tiara Resty
Kode Jurnal: jpbkdd160516

Artikel Terkait :