Pengaruh layanan informasi bimbingan konseling berbantuan media audio visual terhadap empati siswa

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi kurang berkembangnya empati siswa TK terhadap teman sebaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui effektifitas layanan informasi bimbingan dan konseling berbantuan media audio visual terhadap empati siswa.
Penelitian ini mengunakan metode pada penelitian ini kuantitatif, dengan rancangan quasi-eksperimental, rancangan kelompok kontrol (Pra-tes dan Post- tes) (Nonequivalend (Pre-tes dan Post-tes) control-group design) dalam rancangan ini kelompok eksperimen (A) dan kelompok kontrol (B) diseleksi tanpa prosedur penempatan acak (without random assigment). Pada dua kelompok tersebut, sama-sama dilakukan pre-test dan pos-tes. Hanya kelompok eksperimen (A) saja yang diberikan treatment.
Hasil penelitian ini terbukti effektif terhadap empati siswa. Empati siswa mengalami kenaikan sebesar 28.9% dari sebelumnya 45.08% meningkat menjadi 73.98%. hasil t-test untuk post-tes kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol diketahui nilai t hitung 14.743, menunjukan bahwa nilai post –test pada kelompok eksperimen sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, artinya ada beda rerata antara nilai post-tes kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hal  ini dapat diartikan bahwa layanan informasi bimbingan konseling berbantuan media audio visual effektif terhadap empati siswa.
Kata kunci: Effektifitas, Audio Visual, Empati
Penulis: Rita Kumalasari, Bambang Susanto
Kode Jurnal: jpbkdd170032

Artikel Terkait :