PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODEBERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN POLA PIKIR KREATIFANAK DIDIK PADA SISWAKELAS V SD NEGERI CAKRANINGRAT No.32 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh layanan bimbingan dengan menggunakan metodebercerita terhadap perkembangan pola pikir kreatif anak didik pada siswa kelas V SD NEGERI CAKRANINRAT No.32 SURAKARTA tahun ajaran 2014/2015.
Populasi penelitian ini sebanyak 32 siswa. Sampel sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik t-test.
Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan SPSS 14 dengan uji t diperoleh nilai t-hitung lebih besar dari pada t tabel, atau (2.093> 2.040) maka Ho ditolak, artinya bahwa adapengaruh layanan bimbingan dengan menggunakan metode bercerita terhadap perkembangan pola pikir kreatif pada siswa kelas V SD NEGERI CAKRANINGRAT No.32 SURAKARTA tahun ajaran 2014/2015.
Hal ini menunjukkan bahwa seorang guru harus bisa menciptakan suasana yang menyenangkan dan bisa mendorong anak didik untuk melakukan hal yang kreatif. Selain itu, juga memberikan bimbingan untuk membantu perkembangan pola pikir kreatif anak didik. Penggunaan metode bercerita dapat memotivasi anak didik untuk mengembangkan pola pikir kreatif mereka.
Bercerita menjadi stimulasi yang berdampak positif bagi perkembangan kreativitas anak. Anak terbiasa berkonsentrasi pada suatu topik, berani mengembangkan kreasinya, merangsang anak untuk berpikir secara imajinatif.Sebagai guru Bimbingan Konseling berkewajiban untuk membantu anak didiknya mengembangkan pola pikir kreatif mereka, melalui salah satunya dengan mendengarkan cerita yang dapat membangkitkan motivasi belajar atau bercerita menggunakan buku cerita.
Penulis: USMANI HARYANTI
Kode Jurnal: jpbkdd160528

Artikel Terkait :