Penerapan Konseling Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Mengurangi Rasa Rendah Diri pada Korban Bullying di Kelas VII-C SMPN 33 Surabaya

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti di SMPN 33 Surabaya yang mana disekolah tersebut terdapat salah satu permasalahan dalam bidang pendidikan yang sering bermunculan di lingkup Indonesia yaitu bullying. Akibatnya siswa yang menjadi korban bullying mengalami adanya rasa rendah diri.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama untuk mengurangirendah diri pada korbanbullying di kelas VII-C SMPN 33 Surabaya. Penelitian ini menggunakan rancangan Pre-experiemnt  jenis One Group Pretest-posttest design dengan banyak subyek penelitian 10 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam waktu selama 1 bulan.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian direkomendasikan pada konselor/guru BK untuk menggunakan layanan konseling kelompok dengan teknik sosiodrama untuk mengurangi rasa rendah diri pada korban bullying di kelas VII-C SMPN 33 Surabaya.
Kata Kunci: Konseling Kelompok Teknik Sosiodrama, Rasa Rendah Diri
Penulis: DHAGNA NUR AINI AGUSTINA
Kode Jurnal: jpbkdd170104

Artikel Terkait :