PENERAPAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN ADLERIAN UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH KELAS X MIPA 2 DI SMAN 1 SOOKO MOJOKERTO

Abstract: Berdasarkan  hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan oleh peneliti di SMAN 1 Sooko Mojokerto, terdapat 5 siswa yang memiliki kemampuan penyesuaian diri yang rendah. Dengan demikian, salah satu alternatif  bantuan yang diberikan untuk meningkatkan penyesuaian diri adalah menggunakan konseling kelompok pendekatan adlerian.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan konseling kelompok Adlerian untuk meningkatkan penyesuaian diri di sekolah kelas X MIPA 2 SMAN 1 Sooko Mojokerto.
Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimen berupa pre-test and post-test one group design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tingkat penyesuaian diri kelas X MIPA 2 SMAN 1 Sooko Mojokerto. Subyek dalam penelitian ini adalah 5 siswa X MIPA 2 SMAN 1 Sooko Mojokerto yang teridentifikasi memiliki skor penyesuaian yang rendah.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu non parametrik dengan analisis statistik uji tanda . Berdasarkan hasil analisis data diperoleh ρ = 0,031 dengan taraf kesalahan α = 5% atau 0,05 maka ρ < α. Dari hasil analisis tersebut dapat dilihat adanya peningkatan skor setelah diberi perlakuan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok Adlerian dapat meningkatkan penyesuaian diri di sekolah kelas X MIPA 2 SMAN 1 Sooko Mojokerto.
Kata Kunci: Konseling Kelompok Adlerian, Penyesuaian Diri
Penulis: R.AJ RIZKY WULAN AMALIA, Najlatun Naqiyah
Kode Jurnal: jpbkdd170122

Artikel Terkait :