PENERAPAN KONSELING KELOMPOK KOGNITIF PERILAKU UNTUK MENGURANGI PERILAKU MEROKOK SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 9 SURABAYA

Abstract: Kebiasaan merokok merupakan kegiatan yang masih banyak dilakukan oleh kebanyakan orang, dari dewasa bahkan sampai yang masih duduk di bangku sekolah. Kebiasaan merokok pada umumnya dimulai saat remaja.Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan konseling kelompok kognitif perilaku untuk mengurangi perilaku merokok siswa di SMA MUHAMMADIYAH 9 Surabaya. Subjek penelitian diambil dari siswa kelas XI, karena kelas ini menunjukan perilaku merokok yang tinggi dan diharapkan mampu mengurangi perilaku merokok siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimenttal designe dengan jenis pre-test post-test one group design, sedangkan subyek penelitiannya adalah 7 siswa kelas XI di SMA MUHAMMADIYAH 9 Surabaya yang memiliki perilaku merokok tinggi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang siswa yang memiliki perilaku merokok tinggi yakni dengan menggunakan angket.
Teknis analisis data yang digunakan adalah Uji Tanda. Hasil analisis Uji Tanda menunjukkan bahwa tanda positif (+) berjumlah 7. Berarti N (banyaknya pasangan yang menunjukkan perbedaan) adalah 7, sehingga X (banyaknya tanda yang lebih sedikit) adalah 0. Dengan melihat table tes binomial dengan ketentuan N = 7 dan X = 0, maka diperoleh ρ = 0,008. Bila menggunakan ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa harga 0,008< 0,05, dengan demikian H0 ditolak dan  diterima. Berdasarkan mean pre-test 105,7 dan mean post-test 81,5.Hal ini membuktikan bahwa pemberian konseling kelompok kognitif perilaku dapat menurunkan perilaku merokok siswa di kelas XI SMA MUHAMMADIYAH 9 Surabaya.
Kata Kunci: Konseling kelompok kognitif perilaku, Perilaku Merokok
Penulis: Mochamad Syarhul Luma, Najlatun Naqiyah
Kode Jurnal: jpbkdd170100

Artikel Terkait :