PENERAPAN KONSELING KELOMPOK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENGURANGI PERILAKU SISWA TERLAMBAT MASUK SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat keterlambatan siswa masuk sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan pada skor keterlambatan siswa SMPN 1 Campurdarat Tulungagung sebelum dan sesudah penggunaan konseling kelompok Cognitive Restructuring. Data keterlambatan diambil dari buku catatan kedisiplinan yang ada pada guru BK. Subyek dalam penelitian ini berjumlah enam siswa. Penelitian ini menggunakan desain pre-post test one group design.
Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis statistik non-parametrik dengan uji tanda Wilcoxon. Hasil analisis data menunjukkan bahwa T-hitung lebih besar dibanding T-tabel (20>0). Sementara itu mean skor pre-test sebesar 10 dan mean skor post-tes sebesar 2,67, terdapat penurunan sebesar 7,33. Hal ini berarti  Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya penerapan konseling kelompok Cognitive Restructuring dapat mengurangi perilaku terlambat datang ke sekolah pada siswa SMP Negeri 1 Campurdarat Tulungagung.
Kata Kunci: Konseling kelompok, Cognitive Restructuring, perilaku terlambat
Penulis: BRILLIAN FAHARUDDIN, Ari Khusumadewi
Kode Jurnal: jpbkdd170121

Artikel Terkait :