PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOME ROOM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BALONGBENDO

Abstract: Penelitian ini berdasarkan dari adanya suatu masalah motivasi belajar yang terjadi di SMP Negeri 2 Balongbendo. Fenomena motivasi belajar yang sering terjadi seperti pada saat pembelajaran berlangsung para siswa cenderung ramai sendiri, mengobrol dengan temannya serta ada beberapa siswa yang mengerjakan PR lain serta kurang memperhatikan pembelajaran yang sedang berlangsung.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan bimbingan kelompok dengan teknik home room dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Balongbendo. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 siswa dari kelas VIII SMP Negeri 2 Balongbendo yang teridentifikasi memiliki skor motivasi belajar rendah.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian pre-test dan post-test one gruop design. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket motivasi belajar, sedangkan teknik analisis data yang digunakanadalah statistik non parametrik dengan uji tanda. Setelah diadakan analisis data dengan uji tanda ditemukan N = 7 dan X = 0, maka maka dapat diketahui ρ= 0.008 dari tabel binominal. Jika dalam ketetapan α sebesar 5% adalah 0.05, maka harga 0.008>0.005, sedangkan mean pre test sebesar 153,42 dan mean post test sebesar 190,28, sehingga menghasilkan seslisih sebesar 36,86.Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bimbingan kelompok dengan teknik home room dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Balongbendo.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Teknik Home Room, Motivasi Belajar
Penulis: Rinda Nur Baita
Kode Jurnal: jpbkdd170109

Artikel Terkait :