PENATAAN TERMINAL ANGKUTAN DARAT TOWO’E TAHUNA DI KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE

Abstract: Terminal Towo’e merupakan salah satu prasarana transportasi yang mempunyai peran penting dalam perekonomian dan pergerakan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Dengan meningkatnya kapasitaspenggunajasatransportasi diperlukan beberapa penanganan efektif untuk mengetahui kapasitas terminal dengan mendisain pola parkir yang efektif, menganalisa waktu antrian yang tepat serta menghitung luas area terminal yang dibutuhkan sampai tahun rencana tahun 2022.
Studi ini dilakukan dengan metode survei lapangan di lokasi terminal. Pengambilan data dilakukan dengan mencatat banyaknya kendaraan yang masuk dan keluar terminal selama enam hari pengamatan. Volume kedatangan kendaraan tiap jam diambil pada kondisi puncak yang merupakan nilai kedatangan maksimum selama 12 jam pengamatan mulai dari pukul 6 pagi hingga pukul 6 sore. Pada kondisi eksisting beroperasi 7 trayek angkutan dalam kota dan 6 trayek angkutan luar kota dengan kapasitas tampung parkir sebanyak 46 kendaraan dengan luas daerah parkir sebesar 951,5 m2. Sistem parkir untuk kondisi eksisting dibagi atas lima bagian pengamatan yaitu DPI, DPII, DP III, DPIV dan DPV dengan menggunakan sistem parkir 60º dan 180º.
Berdasarkan hasil analisa, daerah parkir dibagi menjadi 4 bagian yaitu DPI menggunakan sistem parkir 90º dengan tingkat kedatangan (λ) sebesar 42 kend/jam dan tingkat pelayanan rata – rata kendaraan efektif (μ) = 60 kendaraan/jam, DPII menggunakan sistem parkir 60º dan 180º dengan tingkat kedatangan (λ) sebesar 40,2 kend/jam dan tingkat pelayanan rata – rata kendaraan efektif (μ) = 60 kendaraan/jam, DPIII menggunakan sistem parkir 60º dengan tingkat kedatangan (λ) sebesar 2,25 kend/jam dan tingkat pelayanan rata – rata kendaraan paling efektif (μ) = 4 kendaraan/jam, dan DPIV menggunakan sistem parkir 60º dengan tingkat kedatangan (λ) sebesar 4,83 kend/jam didapat tingkat pelayanan rata – rata kendaraan efektif (μ) = 6 kendaraan/jam. Luas area terminal yang dibutuhkan sampai tahun rencana 2022 dihitung dengan cara (Forecasting). Dari hasil perhitungan maka di peroleh luas yang dibutuhkan terminal yaitu sebesar 20616,05m2.
Kata kunci: Kapasitas, Terminal Towo’e, Tingkat pelayanan
Penulis: Vivi Arianty Tawaris, Lucia I. R. Lefrandt, James A. Timboeleng
Kode Jurnal: jptsipildd130541

Artikel Terkait :