PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA KRISTEN MASA DEPAN CERAH (MDC) SURABAYA

ABSTRAK: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang banyak terjadi di kalangan remaja karena kurangnya pembentukkan dan panutan karakter di masyarakat sehingga membuat pendidikan karakter menjadi penting untuk dimasukkan dalam kurikulum sekolah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pelaksanaan pendidikan karakter, beserta faktor dan pengaruh yang ditimbulkan dari pelaksanaan pendidikan karakter di SMA Kristen Masa Depan Cerah (MDC) Surabaya
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif.Subjek penelitian adalah konselor yang berperan dalam pelaksanaan pendidikan karakter di SMA Kristen MDC Surabaya dilaksanakan pada bulan Agustus s.d September 2015.Penelitian ini dilakukan di tingkat SMA karena, pada masa SMA merupakan masa remaja yang sedang mencari jati diri mereka. Teknik pengumpulan data antara lain dengan menggunakan pedoman wawancara, dan dokumentasi kegiatan pelaksanaan pendidikan karakter.
Hasil penelitian dari pelaksanaan pendidikan karakter di SMA Kristen MDC Surabaya terdapat 12 pilar karakter karya Jim-Rohn sebagai panduan dalam pelaksanaan pendidikan karakter. Materi pendidikan karakter di SMA Kristen MDC Surabaya dikenal dengan  Personal Development Programme (Pedevpro) yang kemudian dibagi sesuai dengan tingkatan kelas.
Dalam pelaksanaan pendidikan karakter tidak selalu berjalan mulus, tentunya memiliki hambatan. Menurut konselor, yang dianggap sebagai hambatan selama proses pelaksanaan pendidikan karakter berlangsung ada dua, yaitu pengajar dan fasilitas yang dimiliki sekolah.
Upaya yang dilakukan konselor dalam mengatasi hambatan adalah setiap guru di SMA Kristen MDC Surabaya memiliki mentor dan form penilaian untuk guru. Untuk hambatan yang kedua siswa diperkenankan membawa gadget/HP dalam pembelajaran ketika membutuhkan koneksi internet.Penggunaan gadget/HP harus seijin guru pengajar dan ditanda tangani oleh kepala sekolah.selebihnya penggunaan gadget/HP tidak diperbolehkan dan diletakkan ke dalam loker yang telah disediakan pada setiap kelas.
Harapan dari pelaksanaan pendidikan karakter adalah menciptakan agen perubahan dari setiap sekolah yang melaksanakan pendidikan karakter dengan maksimal maka perubahan karakter akan lebih cepat dirasakan oleh semua masyarakat tentunya perubahan karakter yang dimaksud adalah ke arah yang baik.
Kata Kunci: Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Personal Development Programme
Penulis: Adek Sella Catherin, Elisabeth Christiana
Kode Jurnal: jpbkdd170097

Artikel Terkait :