MODEL PROBABILITAS PEMILIHAN MODA KAPAL FERRY DAN SPEED BOAT RUTE TERNATE – TIDORE

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengamati perilaku perjalanan pengguna transportasi laut yaitu untuk mengetahui dan menganalisis karakteristik pengguna Kapal Ferry dan Speed Boat rute Ternate – Tidore dan melihat preferensi pemilihan moda akibat perubahan biaya perjalanan, dan waktu perjalanan. Yaitu, apakah pemilihan Kapal Ferry lebih dipengaruhi oleh perubahan biaya, atau waktu.
Metode yang digunakan adalah metode wawancara dalam bentuk kuisioner yang dibagikan pada saat survey lapangan langsung di atas Kapal Ferry dan Speed Boat dengan sampel sebanyak 100 responden yang diambil secara acak. Hasil kuesioner selanjutnya diolah untuk mendapatkan karakteristik pengguna moda dan model pemilihan Kapal Ferry dan Speed Boat. Beberapa karakteristik pengguna Kapal Ferry dan Speed boat rute Ternate-Tidore sebagai berikut : Tujuan perjalanan sebagian besar adalah bertemu keluarga dan perjalanan dinas. Dari segi penghasilan pengguna kedua kapal ini berpenghasilan antara Rp. 1.000.000 – 2.000.000.
Analisis data yang digunakan adalah analisa regresi berganda, karena hanya ada dua variabel bebas yaitu biaya dan waktu. Hasil dari uji statistik dapat diperoleh Model pemilihan moda antara Kapal Ferry dan Speed Boat yang telah diperoleh dalam bentuk persamaan linier yaitu : UKapalFerry – USpeed Boat = 1.13867 – 0.00046023x1 – 0.122625x2. Dengan 2 atribut yaitu : X1 = ∆ Biaya, X2 = ∆ Waktu. Hasil pengukuran persentase pengaruh kedua atribut (R2) diperoleh nilai 0.887, artinya pengaruh kedua atribut biaya dan waktu terhadap perubahan utilitas pada model ini adalah sebesar 88.7 % dan sisanya (11.3 %) dipengaruhi oleh atribut lainnya yang tidak dipertimbangakan dalam model ini.
Kata Kunci: Model pemilihan moda, Kapal Ferry dan Speed Boat
Penulis: Mardiani, Chairul Anwar, Mufti Amir Sultan
Kode Jurnal: jptsipildd130476

Artikel Terkait :