KARAKTERISTIK MEKANIS BETON BERAGREGAT MENGGUNKAN BETON DAUR ULANG

Abstrak: Beton dapat dimanfaatkan untuk banyak hal dan sebagian besar beton digunakan sebagai elemen struktur. Keterbatasan kemampuan alam menyediakan material pembentuk beton merupakansebuah persoalan yang penting. Nilai ekonomis dari material alam yang cukup tinggi juga menjadisalah satu hal yang harus dipertimbangkan. Salah satu upaya mengatasi permasalahan tersebut di atas adalah dengan mengupayakan pemanfaatan sisa – sisa bongkaran beton (Recycled Concrete) sebagai pengganti parsial agregat kasar dalam campuran beton.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh penggunaan agregat daur ulang terhadap slump dan berat volume pada beton serta menganalisa pengaruh penambahan 0%, 25%, 50%, 75% dan 100% RCA terhadap karekteristik mekanis beton.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kuat tekan beton daur ulang RCA (Recycled Concrete Aggregates) mengalami penurunan sampai  14% dari kekuatan beton normal seiringdengan penambahan komposisi RCA. Berat volume beton yang menggunakan RCA juga mengalamipenurunan sebesar 7% dari berat volume beton normal.
Kata Kunci: Karakteristik Mekanis, Agregat, RCA
Penulis: Mufti Amir Sultan
Kode Jurnal: jptsipildd120260

Artikel Terkait :