KAJIAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA INFRASTRUKTUR TRANSPORTASI DI KABUPATEN HALMAHERA UTARA

Abstrak: Infrastruktur mempunyai kedudukan yang cukup strategis dalam konteks peran dan sumbangannya dalam pembangunan nasional. Salah satu komponen penting dalam pengembangan dan peningkatan infrastruktur adalah pengembangan kinerja sarana dan prasarana infrastruktur itu sendiri. Kabupaten Halmahera Utara adalah kabupaten dengan wilayah kepulauan sehingga transportasinya mempunyai karakter tersendiri yaitu transportasi laut pulau. Infrastruktur transportasi darat di Kabupaten Halmahera Utara hingga saat ini belum tersedia dengan baik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kondisi sarana dan prasana infrastruktur transportasi dan mengkaji ketersediaan infrastruktur transportasi yang sudah ada dan yang belum tersedia sebagai penunjang pembangunan kabupaten Halmahera Utara.
Pengambilan data primer melalui wawancara dan kuesioner kepada responden pengguna dan penyedia jasa. Data Lalu diolah dan dianalisis dengan metode Importance Performance Analysis(IPA) untuk menampilkan informasi berkaitan dengan faktor-faktor pelayanan yang menurut responden sangat mempengaruhi kepuasan dan loyalitas mereka, serta faktor-faktor pelayanan yang perlu ditingkatkan karena kondisi saat ini belum memuaskan. Sedang metode Customer Satisfaction Index (CSI) digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna jasa secara menyeluruh dengan melihat tingkat kinerja dan tingkat kepentingan/harapan dari atribut-atribut jasa pelayanan.
Hasil penelitian infrastruktur transportasi di kabupaten Halmahera Utara menunjukkanbahwa kondisi infrastruktur yang sangat dirasakan adalah dari segmen Infrastruktur transportasi. Pembangunan sektor transportasi merupakan bagian yang amat penting dalam pembangunan nasional. Tingkat kepuasan responden secara keseluruhan mengenai infrastruktur transportasi darat, laut dan udara masuk kedalam kategori cukup puas (51%-65%), ini memperlihatkan bahwa pelayanan infrastruktur transportasi masih perlu ditingkatkan lagi sehingga diharapkan kinerja infrastruktur transportasi dapat masuk ke dalam kategori puas (nilai>65%).
Kata Kunci: Kinerja, Infrastruktur Transportasi
Penulis: Mufti Amir Sultan
Kode Jurnal: jptsipildd130475

Artikel Terkait :