HUBUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN SOSIAL DENGAN PRESTASI AKADEMIK SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 BABAT LAMONGAN

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keluarga dan lingkungan sosial dengan prestasi akademik siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Babat Lamongan. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis korelasi sederhana yang dilakukan menggunakan bantuan SPSS.16. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII yang berjumlah 120 siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan statistik parametrik dengan analisis regresi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara keluarga dan lingkungan sosial dengan prestasi akademik siswa dengan melihat uji korelasi ganda yaitu harga F empirik lebih besar dibanding harga F teoritis pada taraf 5%. Dengan nilai F empirik 5,25 dan harga F teoritis sebesar 3,07 pada taraf 5%. Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara keluarga dan lingkungan sosial dengan prestasi akademik siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Babat Lamongan.
Implikasi penelitian adalah peran keluarga dalam menunjang peningkatan kulitas pendidikan anak saat ini memang sangat dibutuhkan, pada keadaan nyata saat ini yang menyangkut peran keluarga terhadap peningkatan ataupun penurunan kualitas pendidikan banyak sekali.
Kata Kunci: Keluarga, Lingkungan Sosial dan Prestasi Akademik
Penulis: NIKEN TYAS SEPTINA GRANDIS
Koda Jurnal: jpbkdd170094

Artikel Terkait :