EVALUASI PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PENINGKATAN FASILITAS PT. TRAKINDO UTAMA BALIKPAPAN

ABSTRAK: Dalam mengantisipasi dan mengurangi angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, pemerintah mewajibkan setiap perusahaan konstruksi menerapkan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3). Menanggapi hal tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk memahami dan mengevaluasi penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja PT. Cakra Buana Megah pada peningkatan fasilitas PT. Trakindo Utama Balikpapan.
Penelitian ini menggunakan metode survai melalui lembar kuesioner yang dibagikan kepada 18 orang anggota Safety Healthy Executive (SHE) Committee di PT. Cakra Buana Megah lalu diolah dan disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi.
Hasil penelitian menyatakan bahwa perusahaan telah membangun komitmen dan kebijakan K3 berdasarkan pada identifikasi bahaya penilaian resiko, telah melakukan perencanaan SMK3, pengukuran, evaluasi dan tinjauan ulang serta melakukan penerapan SMK3 dengan baik. Untuk meningkatkan pelaksanaan SMK3 agar memberikan hasil maksimal perlu sosialisasi berbagai informasi tentang SMK3 pada seluruh tenaga kerja dan dilakukan pengawasan oleh pihak manajemen atas pelaksanaan SMK3 di perusahaan.
Kata kunci: kecelakaan kerja, SMK3, SHE Committee
Penulis: Marisca Imaculata Firani Mentang, Jermias Tjakra, Juno E. Ch. Langi, D. R. O. Walangitan
Kode Jurnal: jptsipildd130561

Artikel Terkait :