UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN METODE PERMAINAN EDUKATIF DALAM MEMBUAT PANTUN SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH

Abstract: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan permainan edukatif untuk meningkatkan prestasi siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia dalam menulis puisi untuk siswa kelas IV SD Muhammadiyah Bausasran. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Bausasran pada tahun akademik 2013/2014 yang terdiri dari 24 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dan ada satu pertemuan di setiap siklus. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara, penyebaran kuesioner, dan memberikan tes (pre-test dan post-test). Penulis menggunakan teknik deskriptif kualitatif untuk menganalisis data dari hasil penelitian. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan edukatif mampu meningkatkan prestasi siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia dalam menulis puisi untuk siswa kelas IV SD Muhammadiyah Bausasran. Hasil dapat dilihat dari nilai rata-rata pra-siklus adalah 66,75. Pada siklus I, nilai rata-rata prestasi siswa adalah 70,33. Sementara nilai rata-rata prestasi siswa pada siklus II adalah 78,91. Rata-rata prestasi siswa adalah meningkat dari siklus I adalah 3,58%, sedangkan peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah 8,58%.
Keywords: game pendidikan, puisi, prestasi siswa, pembelajaran bahasa Indonesia
Penulis: Juriyah
Kode Jurnal: jppaudsddd151588

Artikel Terkait :