PENGARUH PERMAINAN LEGO ADU CEPAT TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A DI TK AISYIYAH 3 SURABAYA

Abstract: Anak pada usia 4-5 tahun, pada dasar anak sudah mampu mengambil lego, mampu memasang lego hingga menjadi rangkaian, serta mampu melepas lego dari rangkaian. Penelitian pada anak kelompok A di TK Aisyiyah 3 Surabaya dilatarbelakangi oleh motorik halus anak yang belum berkembang secara maksimal dalam mengambil, memasang, dan melepas rangkaian lego. Hal ini terlihat guru mengajak anak untuk menyusun kepingan lego, terdapat sebagian anak yang belum dapat menyusun kepingan lego tersebut. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu membuktikan apakah ada pengaruh permainan lego adu cepat terhadap perkembangan motorik halus anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experimental design melalui one-group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah terdiri atas 24 anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik non parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon (wilcoxon match pairs test) dengan rumus t hitung < t tabel.
Berdasarkan hasil analisis data tentang kemampuan motorik halus anak diperoleh rata-rata hasil pre-test 6,91 dan post-test 10,41. Dengan demikian T hitung = 0 < dari T tabel = 81 diperoleh hasil Ha diterima, berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa permainan lego adu cepat berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok A di TK Aisyiyah 3 Surabaya.
Kata Kunci: Permainan lego, motorik halus
Penulis: Marta Christiana, Siti Mahmudah
Kode Jurnal: jppaudsddd151408

Artikel Terkait :