Mengembangkan Karakter Anak Usia Dini melalui Kegiatan Menyanyi Diiringi Musik Pada Kelompok B TK Kuncup Melati Putih Surabaya

Abstract: Menurut Permendiknas No. 58 Tahun 2009 tingkat perkembangan anak usia 5-6 tahun seharusnya sudah bisa mengungkapkan perasaannya, tapi pada kenyataannya dilapangan masih banyak anak yang belum bisa memahami perasaan orang lain. Cara   mengatasinya   dengan  kegiatan  Bernyayi diiringi Musik.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penggunaan kegiatan bernyanyi diiringi musik dapat mengembangkan karakter anak Kelompok B TK Kuncup Melati Putih Surabaya.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dirancang dalam bentuk siklus berulang. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok B TK Kuncup Melati Putih.S adalah sebanyak 25 anak terdiri atas 10 anak perempuan dan 15 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah  observasi dan dokumentasi, sedangkan  teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa perkembangan karakter anak 45 %. Hal ini menunjukkan penelitian tindakan kelas ini belum berhasil karena kriteria tingkat pencapaian perkembangan anak sebesar 90%, sehingga penelitian  berlanjut pada siklus II. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan perkembangan karakter anak sudah meningkat sebesar 92%. Berdasarkan hasil analisis  tersebut dapat disimpulkan  bahwa  kegiatan  menyanyi diiringi  musik dapat   mengembangkan  karakter  pada   kelompok B  TK Kuncup   Melati  Putih  Surabaya.
Kata Kunci: Karakter anak, menyanyi diiringi music
Penulis: Ariasih, Rahma Hasibuan
Kode Jurnal: jppaudsddd151422

Artikel Terkait :