RUANG VEKTOR MATRIKS FUZZY

Abstract: Terdapat perbedaan antara operasi penjumlahan dan perkalian pada ruang vektor umum dan ruang vektor dari matriks fuzzy. Yang dimaksud dengan matriks fuzzy adalah matriks yang elemen-elemennya merupakan bilangan fuzzy, yakni bilangan antara 0 sampai 1. Semua matriks fuzzy merupakan matriks, namun sebarang matriks belum tentu matriks fuzzy.
Pada ruang vektor fuzzy, operasi penjumlahan merupakan supremum dari elemen-elemen pada matriks yang bersesuaian. Hal ini berbeda dengan penjumlahan pada ruang vektor umum. Dari perbedaan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep ruang vektor matriks fuzzy pada ruang vektor matriks fuzzy dan diperkenalkan beberapa sifat pada ruang vektor matriks fuzzy.
Berdasarkan pada pembuktian dari operasi penjumlahan dan perkalian dari matriks fuzzy, maka diperoleh kesimpulan bahwa  dengan operasi penjumlahan dan perkalian skalar matriks fuzzy maka  merupakan ruang vektor fuzzy yang hanya memenuhi 9 teorema-teorema pada ruang vektor umum.
Kata Kunci: operasi penjumlahan dan perkalian, matriks fuzzy, ruang vektor fuzzy, hasil kali dalam, norm
Penulis: SITI ROBIATUL ADAWIYAH
Kode Jurnal: jpmatematikadd130966

Artikel Terkait :