Uji Efektivitas Ekstrak Etil Asetat dan Etanol Buah Lerak (Sapindus rarak) terhadap Pertumbuhan Enterophatogenic Escherichia coli dan Enterotoxigenic Escherichia coli

ABSTRACT: Diare merupakan masalah kesehatan di negara berkembang salah satunya Indonesia. Escherichia coli (ETEC dan EPEC) merupakan salah satu bakteri penyebab diare. Buah lerak memiliki kandungan antimikroba yaitu saponin, alkaloid, polifenol, flavonoid dan tanin sehingga dimungkinkan dapat berperan sebagai antibakteri untuk Escherichia coli (ETEC dan EPEC). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas ekstrak etil asetat dan etanol buah lerak terhadap EPEC dan ETEC.
Penelitian ini dilakukan dengan desain analitik eksperimental (post test with control). Populasi penelitian ini adalah buah lerak (Sapindus rarak) yang dijual di kota Surakarta dengan teknik sampling kuota sampling. Hasil penelitian didapatkan bahwa nilai KHM ekstrak etil asetat dan etanol tidak dapat disimpulkan, nilai KBM ekstrak etil asetat terhadap EPEC adalah 25%, ekstrak etil asetat terhadap ETEC adalah 50% ekstrak etanol terhadap EPEC dan ETEC adalah 100% terdapat perbedaan daya hambat ekstrak etil asetat dan etanol terhadap EPEC dan ETEC.
Hasil uji ANOVA p-value sebesar 0,004. Ada perbedaan daya hambat ekstrak etil asetat dan etanol terhadap EPEC dan ETEC. Daya hambat paling besar didapatkan pada ekstrak etil asetat.
Kata Kunci: buah lerak, ETEC, EPEC, KHM, KBM, disk diffusi
Penulis: Yusianti Silviani, Andriyani Puspitaningrum
Kode Jurnal: jpkesmasdd150194

JURNAL BERHUBUNGAN: