HUBUNGAN KONDISI SANITASI LINGKUNGAN DENGAN KEJADIAN DIARE PADA ANAK BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BARANTI KABUPATEN SIDRAP TAHUN 2013

Abstrak: Diare merupakan masalah kesehatan yang masih sering dialami oleh masyarakat dan merupakan penyebab penyumbang tingginya angka kesakitan dan angka kematian. Di Wila-yah Kerja Puskesmas Baranti penderita diare ditemukan setiap tahunnya, pada tahun 2011, jumlah kasus sebanyak 234 kasus.
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kondisi sanitasi ling-kungan dengan kejadian diare pada anak balita di wilayah kerja Puskesmas Baranti Kabupat-en Sidrap tahun 2013. Sedangkan tujuan khusus adalah untuk mengetahui hubungan penye-diaan air bersih, jamban keluarga, tempat sampah dan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) dengan kejadian diare.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Observasional dengan pendekatan Cross Sec-tional Study.. Variabel yang diteliti adalah penyediaan air bersih, jamban keluarga, tempat sampah dan saluran pembuangan air limbah. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cara Simple Random Sampling. Besar populasi sebanyak 946 dan besar sam-pel sebanyak 270 sampel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistic Chi-square dalam program spss.
Hasil penelitian penyediaan air bersih dengan kejadian diare (p value = - ) > alpha (α = 0,05), jamban keluarga dengan kejadian diare, (p value = 0,000) < alpha (α =0,05), tempat sampah dengan kejadian diare (p value = 0,947) > alpha (α = 0,05), dan saluran air limbah dengan kejadian diare (p value = 0,000) < alpha (α = 0,05).
Pada masyarakat sebaiknya bisa menjaga kebersihan jamban mereka. Hal ini dikare-nakan sangat banyaknya bakteri berbahaya yang timbul di WC sehingga kebersihannya harus selalu diperhatikan. Jamban yang tidak bersih bisa menjadi sumber persebaran bakteri penyebab penyakit dikalangan lingkungan rumah tersebut.. Pada saluran pembuangan air limbah pengetahuan masyarakat kiranya lebih ditingktkan lagi. Hal ini disebabkan karena pengaruhnya yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat terutama pada perletakannya di sembarang tempat juga menjadi salah satu pemicu tersebarnya bakteri dan virus penyebab penyakit.
Kata Kunci: Diare, Air Bersih, Jamban Keluarga, Tempat Sampah, SPAL
Penulis: Muh. Saleh, Hijriani
Kode Jurnal: jpkesmasdd140588

JURNAL BERHUBUNGAN: