VALIDASI KUESIONER ELEMEN PBL YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN

ABSTRAK: Beberapa elemen PBL telah berhasil diidentifikasi dan dibuat kuesioner untuk dapat digunakan kembali. Variabel elemen PBL yang mempengaruhi keputusan belajar mahasiswa dinilai menggunakan kuesioner elemen PBL yang mempengaruhi keputusan belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan satu bagian dari penelitian yang dilaporkan dalam jurnal pendidikan kedokteran yang lain.
Tujuan penelitian ini adalah melakukan validasi kuesioner elemen PBL yang mempengaruhi keputusan belajar pada mahasiswa FKIK UMY Metode: Sebanyak 584 mahasiswa dari prodi A, B, C, dan D FKIK UMY pada kelompok tutorial dengan bahasa pengantar diskusi Bahasa Indonesia diundang untuk mengisi kuesioner. Validitas konstruk dinilai dengan uji validitas item, Crönbach alpha, analisis faktor, validitas konvergen dan diskriminan.
Hasil: Sebanyak 582 mahasiswa prodi A, B, C, dan D FKIK UMY pada kelompok tutorial dengan bahasa pengantar diskusi Bahasa Indonesia berpartisipasi dalam penelitian ini (response rate 99,6%). Data menunjukkan bahwa kuesioner elemen PBL yang mempengaruhi keputusan belajar mahasiswa memiliki validitas konstruk yang tinggi.
Kesimpulan: Kuesioner elemen PBL yang mempengaruhi keputusan belajar mahasiswa versi Bahasa Indonesia valid dan dapat dipergunakan kembali. Penelitian kualitatif lanjutan yang mendalam tentang elemen PBL lainnya dapat dilakukan untuk menyempurnakan kuesioner.
Kata kunci: validitas konstruk, analisis faktor, elemen PBL, keputusan belajar, mahasiswa FKIK UMY
Penulis: Galuh Suryandari, Yayi Suryo Prabandari, Rossi Sanusi
Kode Jurnal: jpkedokterandd150359

JURNAL BERHUBUNGAN: