TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG ASIEKSKLUSIF TERHADAP MOTIVASI PEMBERIAN ASI

Abstract: ASI merupakan jenis makanan yang mencukupi kebutuhan bayi baik fisik, psikologi, sosial, maupun spiritual. Pemberian ASI eksklusif selain dipengaruhi oleh pengetahuan juga dipengaruhi oleh pendidikan dan sikap ibu menyusui tersebut yaitu pendidikan yang tinggi cenderung memiliki pengetahuan yang baik dan sikap yang positif sehingga cenderung akan memberikan ASI eksklusif kepada bayinya. Bila seorang Ibu hamil mempunyai pengetahuan tentang ASI eksklusif maka Ibu akan memilih untuk memberikan  yang terbaik untuk bayinya dengan memberikan ASI eksklusif kepada bayinya. Ada beberapa ibu kurang mengetahui pentingnya ASI Eksklusif.
Tujuan : Meneliti hubungan tingkat pengetahuan ibu hamil terhadap motivasi pemberian ASI.
Metode Penelitian:Penelitian ini menggunakan metode korelasi. Rancangan penelitian Cross Sectional. Pengambilan sampel dengan Accidental Sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Sampel penelitian sebanyak 32responden. Analisis data menggunakan uji statistic kendall tau.
Hasil: Tingkat pengetahuan ibu hamil tentang ASI eksklusifsebanyak 65,6% mempunyai pengetahuan yang sedang, 28,1% mempunyai pengetahuan yang tinggi, dan sebanyak 6,3% mempunyai pengetahuan yang rendah.Sedangkan hasil motivasi pemberian ASI sebanyak 40,6%) mempunyai motivasi tinggi, sebanyak 28.1% mempunyai motivasi tinggi, sebanyak 31,3% dengan motivasi rendah. Hasil uji statistic diperoleh nilai r = 0,306 dengan p = 0,026 pada signifikan5%.
Kesimpulan: Ada  hubungan tingkat pengetahuan ibu hamil tentang ASI eksklusif dengan motivasi Pemberian ASI
Penulis: Sulami, Pipi Anonyma
Kode Jurnal: jpkeperawatandd160137

Artikel Terkait :