SURVEY ANALISI KARAKTERISTIK IBU HAMIL DENGAN PRE EKLAMPSIA DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH NAMBANGAN SELOGIRI KABUPATEN WONOGIRI

Abstract: Pre eklampsia adalah timbulnya hipertensi disertai proteinuria dan oedem akibat kehamilan setelah usia kehamilan 20 mg atau segera setelah persalinan. Kejadian yang sering dihubungkan dengan pre eklampsia diantaranya adalah paritas, umur ibu, usia kehamilan ibu, riwayat penyakit ibu.
Tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui hubungan karaketirtik ibu hamil dengan pre eklampsia di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Nambangan Selogiri Kabupaten Wonogiri.
Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian deskriptif korelasi dengan retrospective study. Tekhnik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Sampel yang diambil yaitu seluruh kejadian ibu hamil dengan pre eklampsia di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Nambangan Selogiri Kabupaten Wonogiri sebanyak 31 responden. Instrumen yang digunakan adalah checklist dan merubah dari data kuantitatif menjadi prosentase. Uji validitas dan reliabilitas yang digunakan adalah uji validitas konstrak dengan menyusun instrumen berdasar teori ahli. Analisa data yang digunakan adalah data univariat yaitu untuk mendeskripsikan variabel penelitian guna memperoleh gambaran, dengan hasil penelitian ditampilkan dalam bentuk distribusi frekuensi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa klasifikasi pre eklampsia terbanyak yaitu pre eklampsia berat 23 responden (74,19 %), gravida terbanyak yang mengalami pre eklampsia adalah multigravida 18 responden (58,05 %), umur ibu terbanyak yang mengalami pre eklampsia pada usia 20-35 th 21 responden (67,74 %), usia kehamilan ibu terbanyak yang mengalami pre eklampsia yaitu >20 mg 31 responden (100 %), dan faktor predisposisi terbanyak pre eklampsia adalah riwayat penyakit hipertensi 11 responden (73,33 %). Karakteristik ibu hamil tersebut berpengaruh sebesar 0.0001 terhadap kejadian pre eklampsia. Berdasar hasil penelitian masih banyak kejadian pre eklampsia di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Nambangan Selogiri Kabupaten Wonogiri dengan beberapa faktor predisposisi, diharapkan kedepannya Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Nambangan Selogiri Kabupaten Wonogiri selaku Rumah Sakit rujukan RB dan BPM wilayah Selogiri dapat meningkatkan kemampuan penanganan kasus pre eklampsia utamanya adalah pre eklampsia berat, sehingga tidak ada kasus pre eklampsia berat yang meningkat menjadi eklampsia dan atau bahkan mengakibatkan kematian.
Kata kunci: karakteristik, pre eklampsia
Penulis: Rina Harwati, Y. Wahyunti K
Kode Jurnal: jpkeperawatandd150475

JURNAL BERHUBUNGAN: