STUDI KUALITATIF DAMPAK UJI KOMPETENSI DOKTER INDONESIA TERHADAP PEMBELAJARAN PADA MAHASISWA KEDOKTERAN

ABSTRAK: Terdapat dua ciri penting yang perlu diperhatikan oleh institusi pendidikan kedokteran saat ini, yang pertama adalah tentang pentingnya penggunaan asesmen sebagai sebuah alat ukur dan peran kurikulum dalam menghasilkan mutu lulusan yang baik. UKDI sebagai satu – satunya pintu keluar (High stake assesment) untuk menjadi dokter tentu akan membawa dampak yang bervariasi terhadap mahasiswa mulai dari yang diharapkan maupun yang tidak diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak UKDI terhadap pembelajaran pada mahasiswa yang akan mengikuti UKDI terkait dengan alokasi waktu untuk belajarnya, jumlah jam belajarnya, distribusi belajarnya, pemilihan sumber belajarnya dan pemilihan materi belajarnya.
Metode: Metode penelitian adalah kualitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan cara Focus Group Discussion. Jumlah partisipan adalah 61 orang untuk 6 kelompok. Yaitu kelompok dari mahasiswa di FK dengan akreditasi A, B dan C dengan masing–masing dari Perguruan tinggi Negeri dan Swasta.
Hasil: Hasil analisis kualitatif mengambarkan bahwa UKDI memiliki dampak terhadap pembelajaran pada mahasiwa. Dampak pembelajaran yang terjadi terkait dengan dua hal, yang pertama adalah terkait dengan kualitas belajar mahasiswa dan yang kedua terkait dengan regulasi metakognitif mahasiswa. Kualitas belajar yang terjadi pada mahasiswa dalam menghadapi UKDI secara umum kualitasnya masih rendah yaitu belajar dengan cara menghafal. Untuk regulasi metakognitifnya adalah terkait dengan alokasi, jumlah dan distribusi belajar, pemilihan materi belajar, pemilihan sumber belajar, pemilihan tempat belajar, strategi belajar, menjaga konsistensi belajar, dan monitor proses belajar dan perbaikannya.
Kesimpulan. Bahwa UKDI mempunyai dampak terhadap pembelajaran pada mahasiswa kedokteran, baik secara kualitas belajar maupun regulasi metakognitifnya.
Kata kunci: mahasiswa kedokteran, dampak UKDI, pembelajaran, regulasi metakognisi
Penulis: Marindra Firmansyah, Widyandana, Gandes Retno Rahayu
Kode Jurnal: jpkedokterandd150361

JURNAL BERHUBUNGAN: