SIKAP REMAJA SMP TENTANG SEKS BEBAS DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 SURAKARTA

Abstract: Cinta dan seks merupakan salah satu problema terbesar dari kaum remaja. Kehamilan usia muda, pengguguran kandungan, putus sekolah, perkawinan usia muda, perceraian, penyakit kelamin, penyalahgunaan obat, merupakan akibat buruk perilaku seks yang salah di usia remaja. Hasil survey yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Kependudukan UGM di daerah Bali menemukan 33,5% responden laki-laki diperkotaan pernah berhubungan seks, sedangkan di pedesaan sebanyak 23,6%.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap remaja SMP tentang seks bebas di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Surakarta.
Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah siswa MTs N 1 Surakarta yang duduk di kelas VII, VIII, dan IX pada bulan April 2010. Pengambilan sampel dengan teknik stratified proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner. Data dianalisa menggunakan analisa univariat.
Hasil penelitian diketahui sikap remaja SMP tentang seks bebas di MTs N 1 Surakarta berdasarkan kelas diketahui 26,4% sikap remaja baik berada pada kelas IX, berdasarkan jenis kelamin diketahui 36,3% sikap remaja baik berada pada jenis kelamin perempuan, berdasarkan usia diketahui 37,4% sikap remaja baik berada pada usia 12-15 tahun.
Kesimpulan penelitian ini adalah sikap remaja SMP tentang Seks bebas di MTs N 1 Surakarta menunjukkan sikap siswa/i tersebut dalam kategori baik 57,1%.
Kata Kunci: Sikap, Remaja, Seks bebas
Penulis: Sri Wahyuni, Lia Nur Aini Latifah
Kode Jurnal: jpkeperawatandd120307

JURNAL BERHUBUNGAN: