Sikap Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Angkatan 2013 Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi terhadap Pelajaran Matematika dan Sains

ABSTRAK: Sikap seseorang dapat memprediksi masa depan seseorang. Sikap pada saat ini dapat mengambarkan langkah apa yang akan diambilnya kelak. Sikap terhadap Pelajaran Merupakan predictor besar dalam keberhasilan belajar. Mahasiswa Pendidikan Dokter merupakan berasal dari peminatan Matematika dan Sains. Pelajaran tersebut merupakan pelajaran utama yang dipelajari oleh mahasiswa kedokteran saat bersekolah. Bahkan, pelajaran tersebut menjadi bagian komponen tes seleksi mahasiswa baru. Sikap yang positif membuat seseorang senang belajar dan mengakibatkan prestasi belajar bagus. Apa yang dipelajari di Peminatan Matematika dan Sains merupakan gambaran perkuliahan di Pendidikan Dokter. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran sikap mahasiswa Pendidikan Dokter Universitas Jambi angkatan 2013 terhadap pelajaran Matematika dan Sains. Gambaran baik sikap secara umum maupun berdasarkan komponen pelajaran. Komponen terdiri dari pelajaran Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.
Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian mahasiswa baru Pendidikan Dokter Universitas Jambi berjumlah 142 mahasiswa dengan 45 laki-laki dan 97 perempuan. Instrumen penelitian berupa skala sikap terhadap pelajaran Matematika dan Sains. Skala memiliki validitas tampang, logis dan konstrak yang memuaskan. Reliabilitas skala metode tes paralel sebesar 0,92. Skala terdiri dari 12 aitem.
Hasil : Mahasiswa Pendidikan Dokter memiliki sikap positif terhadap Pelajaran Biologi. Mahasiswa memiliki sikap netral pada Pelajaran Matematika, Fisika dan Kimia. Jumlah mahasiswa yang memiliki sikap positif terhadap pelajaran Biologi jauh lebih banyak daripada sikap negatif. Sangat sedikit sekali mahasiswa yang memiliki sikap negatif. Pada pelajaran Matematika, mahasiswa yang memiliki sikap positif lebih banyak daripada negatif. Namun, perbedaan sekitar 7 %. Pada pelajaran Fisika, mahasiswa yang memiliki sikap negatif dua kali lebih banyak daripada sikap positif. Pada pelajaran Kimia, mahasiswa yang memiliki sikap positif jauh lebih banyak daripada sikap negatif.
Kesimpulan : Mahasiswa Pendidikan dokter merasa bahwa Pelajaran Biologi adalah pelajaran yang mudah, ringan dan sederhana. Mereka mengevaluasi positif pelajaran tersebut. Pelajaran tersebut dinilai bermanfaat dan penting. Dalam aktivitas pembelajaran, mahasiswa menunggu pelajaran tersebut. Mahasiswa betah saat belajar. Mahasiswa pun merasa senang terhadap pelajaran tersebut.
Kata Kunci: Sikap, Skala, Validitas, Prestasi belajar, Sains matematika
Penulis: Amelia Dwi Fitri, Jelpa Periantalo, Attiya Istarini
Kode Jurnal: jpkedokterandd140585

JURNAL BERHUBUNGAN: