RANCANGAN PERBAIKAN PENILAIAN TUTORIAL BERDASARKAN SUDUT PANDANG TUTOR DAN MAHASISWA SERTA LITERATUR

ABSTRAK: Model Problem based learning (PBL), bentuk pembelajaran model belajar aktif yang bersifat konstruktif, mandiri, kolaboratif dan kontekstual. Implementasi PBL dalam proses belajar mengajar diwujudkan dalam bentuk diskusi tutorial. Salah satu cara meningkatkan kualitas proses tutorial yaitu dengan memperbaiki atau memilih metode penilaian tutorial yang tepat. Selain persepsi tutor sebagai pengguna, persepsi mahasiswa mengenai manfaat dilaksanakannya suatu proses penilaian dalam PBL sebagai subjek yang dinilai perlu diperhatikan sebagai pertimbangan dalam menetapkan model penilaian yang dilakukan. Metode diskusi tutorial-PBL yang dapat digunakan salah satunya adalah menggunakan seven jumps. Penilaian proses tutorial menjadi komponen dari penilaian yang bersifat sumatif, untuk itu penilaian ini harus dijamin kualitasnya baik dari segi validitas, reliabilitas, dampak pembelajarannya maupun dari segi kemudahan pelaksanaannya.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan studi kasus dengan menggunakan FGD dan in-depth interview. Penelitian ini dilakukan di program studi pendidikan dokter fakultas kedokteran Universitas Islam Indonesia. Populasi penelitiannya adalah perwakilan mahasiswa dari angkatan 2011-2014 dan perwakilan tutor dan pimpinan fakultas/program studi.
Hasil: Terdapat 8 (delapan) kategori persepsi yaitu persepsi pengetahuan tutor dan mahasiswa terhadap penilaian tutorial, kesesuaian penilaian tutorial dengan konsep PBL, teknis penilaian, penyimpangan penilaian, objektifitas penilaian, dampak penilaian terhadap proses tutorial, learning/educational impact penilaian tutorial, dan usulan penilaian tutorial
Kesimpulan: Dari 8 (delapan) kategori persepsi penelitian ini merekomendasikan 3 (tiga) hal yaitu pertama pelaksanaan penilaian tutorial diharapkan tetap dilakukan, peningkatan objektifitas penilaian tutorial melalui perbaikan berbagai komponen yang terkait penilaian tutorial dan perlu dilakukan upaya pencegahan terjadinya penyimpangan penilaian tutorial.
Kata kunci: problem based learning, penilaian tutorial, persepsi tutor, persepsi mahasiswa
Penulis: Fuad Khadafanto, Gandes Retno Rahayu, Efrayim Suryadi
Kode Jurnal: jpkedokterandd160007

JURNAL BERHUBUNGAN: