POLA PERESEPAN PASIEN DIABETES MELLITUS DI APOTEK SEHAT FARMA KLATEN

Abstract: Diabetes Mellitus (DM) disebabkan oleh gangguan metabolisme insulin, faktor lingkungan, gaya hidup yang tidak sehat, dan faktor lingkungan. Prevalensi DM meningkat setiap tahunnya karena kurangnya pengetahuan tentang pengelolaan dan pengobatan penyakit DM.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola peresepan pasien diabetes mellitus di Apotek Sehat Farma Klaten tahun 2010. Dan untuk mengetahui obat-obat yang diresepkan pada pasien DM berdasarkan jenis dan golongan obat DM. Metode penelitian ini menggunakan metode analisis diskriptif. Populasi diambil dari pasien DM di Apotek Sehat Farma Klaten tahun 2010. Dari hasil penelitian diperoleh populasi sebanyak 726 kasus DM sehingga diperoleh sampel sebanyak 258 kasus yang dihitung dengan metode random sampling.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan peresepan obat DM yang memperoleh prosentase tertinggi yaitu Obat Hipertensi (82,1%), dan terendah yaitu Obat Antivertiigo dan Antibiotik masing- masing 1,2%. Dan berdasarkan jenis obat, prosentase tertinggi yaitu: Metformin (34,0%) dan yang memperoleh prosentase terendah yaitu Glibenclamid dengan prosentase 0,2%. Sedangkan berdasarkan golongan obat DM yang memperoleh prosentase tertinggi yaitu golongan biguanid (metformin) dengan prosentase 34,0% dan yang memperoleh prosentase terendah yaitu golongan insulin (16,4%).
Kata kunci: pola peresepan, penyakit, obat DM
Penulis: Sunyoto, Sutaryono, Nureni Rustiyaningsih
Kode Jurnal: jpkeperawatandd120306

JURNAL BERHUBUNGAN: