PENGETAHUAN IBU TENTANG STATUS GIZI BALITA DI POSYANDU SEHAT 1 KELURAHAN BUNTALAN KLATEN TENGAH KLATEN

Abstract: Pengetahuan merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kejadian gizi kurang pada balita adalah pengetahuan ibu tentang makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk anak dan masih beredarnya kepercayaan di masyarakat berkaitan dengan makanan yang merupakan kebiasaan turun-temurun yang biasanya memerintahkan untuk menghindari makanan tertentu padahal makanan tersebut sangat dibutuhkan oleh balita untuk proses pertumbuhan dan perkembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan ibu tentang status gizi balita di Posyandu Sehat 1 Kelurahan Buntalan Klaten Tengah Klaten.
Metode penelitian ini dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang memiliki balita di Posyandu Sehat 1 Kelurahan Buntalan Klaten Tengah Klaten. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 69 ibu yang memiliki balita. Pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuh. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pengetahuan ibu tentang status gizi balita adalah baik sebanyak 41 responden (59,4%)
Hasil penelitian adalah bahwa tingkat pendidikan ibu tentang status gizi balita di Posyandu Sehat 1 Kelurahan Buntalan Klaten Tengah Klaten rata-rata  berpengetahuan baik sebanyak 41 responden (59,4%). Saran bagi ibu yang memiliki balita untuk rutin melakukan kunjungan ke posyandu setiap bulannya guna mengetahui pertumbuhan dan perkembangan dari balitanya.
Kata kunci: Pengetahuan, Status Gizi
Penulis: Wiwin Rohmawati, Sari Purwaningsih
Kode Jurnal: jpkeperawatandd130456

JURNAL BERHUBUNGAN: