PENGARUH TERAPI HIPNOTIS LIMA JARI UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI DI STIKES MUHAMMADIYAH KLATEN

ABSTRAK: Mahasiswa yang sedang menyusun skripsi banyak mengalami kendala salah satunya kecemasan. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Rosma (2008) pada mahasiswa tingkat akhir di Universitas Ahmad Dahlan menunjukan bahwa dari 10 mahasiswa didapatkan 5 mahasiswa (50%) mengalami kecemasan tingkat sedang dan 5 mahasiswa (50%) mengalami tingkat kecemasan rendah. Untuk mengatasi kecemasan yang dialami mahasiswa yang sedang menyusun skripsi diberikan terapi hipnotis lima jari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi hipnotis lima jari untuk menurunkan kecemasan pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan pendekatan rancangan penelitian One group Pre test-Post test yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi hipnotis lima jari untuk menurunkan kecemasan pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Uji statistik parametrik yang bertujuan untuk uji kemaknaan dengan paried t test.
Hasil penelitian Responden sebanyak 18 orang, setelah dilakukan pengukuran sebelum perlakuan didapatkan hasil cemas sedang sebnyak 18 orang (100%) dan setelah mendapat perlakuan menjadi 15 orang (83,3%) mengalami cemas ringan dan 3 orang (16,7%) mengalami cemas sedang. Adapun hasil uji statistik didapatkan hasil p=0,000 (p<0,05). Hipnotis lima jari merupakan salah satu bentuk self hipnosis yang dapat menimbulkan efek relaksasi yang tinggi, sehingga akan mengurangi ketegangan dan stress dari pikiran seseorang. Manfaat hipnotis lima jari adalah dapat meningkatkan semangat, menimbulkan kedamaian di hati dan mengurangi ketegangan (Keliat dkk, 2011). Hasil penelitian ini sejalan dengan penelitian Kumalasari (2013) menyatakan bahwa mahasiswa yang diberikan hipnotis, gelombang pikirannya masuk ke gelombang alfa frekuensinya 7-14 hertz atau lebih dalam lagi ke gelombang theta frekuensinya 4-7 hertz.
Ketika pikiran masuk ke gelombang ini, mahasiswa menghasilkan zat endorphin alami yang menghasilkan sensasi nyaman dan dalam hipnotis state ini, system metabolisme tubuh menjadi jauh lebih baik dan tubuh bebas dari ketegangan Kesimpulan bahwa dalam penelitian ini ada pengaruh yang kuat dari perilaku sebelum terapi hipnotis lima jari dan sesudah terapi hipnotis lima jari (p< 0,05).
Kata kunci: kecemasan mahasiswa menyusun skripsi, hipnotis lima jari
Penulis: Retno Yuli Hastuti, Ayu Arumsari
Kode Jurnal: jpkeperawatandd150519

JURNAL BERHUBUNGAN: