PENGARUH SENAM OTAK TERHADAP MEMORI JANGKA PENDEK ANAK RETARDASI MENTAL DI SLB SHANTY YOGA KLATEN

Abstract; Senam otak adalah metode stimulasi otak yang dapat mengaktifkan otak pada tiga dimensi yaitu lateralis, komunikasi,pemfokusan, pemahaman. dan pemusatan pengaturan otak. Gerakan dalam senam otak dapat meningkatkan kemampuan kognitif (waspadaan, konsentrasi, kecepatan, persepsi, belajar, memori, pemecahan masalah dan kreatifitas). Menyelaraskan kemampuan berfikir dan beraktifitas pada saat bersamaan serta dapat meningkatkan keseimbangan control emosi dan logika. SEnam otak dapat meningkatakan daya ingat (memori anak) dan pengulangan kembali terhadap huruf atau angk, meningkatkan ketajaman pendengaran, penglihatan, mengurangi kesalahan membaca,ketajaman memori dan kemampuan komprehensif pada kelompok dengan gangguan bahasa, hingga mampu meningkatkan respon terhadap rangsangan visual. Senam otak dapat digunalkan pada anak retardasi mental.
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui apakah ada pengaruh senam otak terhadap memori jangka pendek anak dengan retardasi mental.
Metode Penelitian: penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan quasi eksperiment time series design rancangan yang digunakan adalah one group pretest –postest dimana responden dilakukan pretest sebelum diberikan diperlukan perlakuan kemudian setelah diberi perlakuan responden diberikan posttest.
Hasil : hasil t test diperileh hasil besarnya nilai t hitung sebesar 8,772 dan besarnya t table sebesar 1,691 sehingga t hitung > t table ( 8,772< 1,691) dan besarnya signifikan 0,000 ( p value < 0,05).
Kesimpulan: ada pengaruh senam otak pada anak dengan retardasi mental terhadap memori jangka
Kata kunci: retardasi mental,memori jangka pendek, senam otak
Penulis: Sri Handayani, Esri Rusminigsih, Diah Kartika Sari
Kode Jurnal: jpkeperawatandd130483

JURNAL BERHUBUNGAN: