PENGARUH PENGETAHUAN, SIKAP DENGAN PERILAKU TERHADAP UPAYA PENCEGAHAN BAHAYA MEROKOK BAGI KESEHATAN REMAJA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK

ABSTRAK: Bahaya merokok dan dampaknya bagi kesehatan memang sudah dicantumkan di pembungkus rokok yang dijual di pasaran. Peringatan tersebut berbunyi, merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan bahkan baru-baru ini di bungkus rokok telah dicantumkan gambar-gambar akibat merokok. Peringatan tersebut bukan tidak disadari oleh para perokok, mereka menyadarinya tapi tidak begitu mempedulikannya. Saat ini perilaku merokok merupakan suatu gejala yang dapat kita lihat setiap hari di segala tempat seperti di jalanan, tempat keramaian, bus kota, rumah sakit, sekolah dan lain sebagainya. Semua orang mengetahui akan bahaya yang dapat ditimbulkan dari merokok, tetapi perilaku merokok tidak pernah surut dan tampaknya merupakan perilaku yang masih dapat toleransi oleh masyarakat. Tujuan: mengetahui Hubungan Pengetahuan, Sikap dengan perilaku terhadap upaya pencegahan bahaya merokok bagi kesehatan remaja di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak.
Metode penelitian: Metode deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik incidental sampling dengan jumlah sampel 218 siswa.
Hasil penelitian: ada hubungan antara pengetahuan, sikap dengan perilaku terhadap upaya pencegahan bahaya merokok bagi kesehatan remaja di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak (p value = 0,011 < 0,05).
Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengetahuan, sikap dengan perilaku terhadap upaya pencegahan bahaya merokok bagi kesehatan remaja di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak memilki keterkaitan ada hubungan.
Kata kunci: pengetahuan, sikap dengan perilaku bahaya merokok
Penulis: Yenni Lukita, Buyung Muttaqin
Kode Jurnal: jpkeperawatandd160169

JURNAL BERHUBUNGAN: