PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI METODE CERAMAH DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN IBU TENTANG MENOPAUSE DI KECAMATAN KLATEN UTARA

Abstract: Menopause merupakan masalah kesehatan pada lanjut usia yangperlu mendapatkan perhatian karena dapat beresiko terjadinya penyakit jantung,ginjal, osteoporosis, kanker dan kematian. Peningkatan pengetahuan dapatmengurangi resiko masalah kesehatan yang terjadi pada wanita menopause.
Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan melalui metodeceramah dengan media audio visual terhadap pengetahuan ibu tentang menopause.
Metode: Jenis penelitian quasi experimental dengan rancangan non equivalencontrol group design. Subyek penelitiannya adalah ibu yang sudah mengalamimenopause berusia 50-65 tahun dengan 40 orang sebagai kelompok kontrol dan37 orang sebagai kelompok eksperimen.Instrumen yang digunakan adalahkuesioner.Analisis yang digunakan yaitu uji Wilcoxon dan Mann-Whitney.
Hasil: Tidak terdapat perbedaan signifikan antara mean nilai pretest dan posttestpada kelompok kontrol. Sedangkan pada kelompok eksperimen terjadipeningkatan pengetahuan berdasarkan mean nilai pretest dan posttest. Setelahdibandingkan terdapat perbedaan bermakna antara hasil posttest yaitu 72,38 padakelompok kontrol dan 89,46 pada kelompok eksperimen.
Kesimpulan: Pendidikan kesehatan melalui metode ceramah dengan media audiovisual dapat meningkatkan pengetahuan ibu dalam menjalani menopause.
Kata kunci: Pendidikan kesehatan, ceramah, audiovisual, pengetahuan ibu, menopause pline of constant procedure on doing sewing wound
Penulis: Arlina Dhian Sulistyowati
Kode Jurnal: jpkeperawatandd130471

JURNAL BERHUBUNGAN: