PENGARUH PEMBERIAN TABUR GIZI MIX-ME TERHADAP PENINGKATAN BERAT BADAN BALITA ANAK UMUR 6-24 BULAN DI DESA BENDAN KECAMATAN MANISRENGGO KABUPATEN KLATEN

Abstract: Dari hasil survei pemantauan Gizi dan Kesehatan (SPGK) oleh Himpunan Konsumen Indonesia (HKI) pada desa di 8 provinsi dan daerah kumuh perkotaan di 4 provinsi,prevalensi anemia anak umur 6-23 tahun mencapai 80% .Pemberian tabur gizi merupakan alternatif menurunkan prevalensi anemia.Pemberian tabur gizi Mix-Me yang mengandung vitamin dan mineral, akan meningkatkan daya tahan tubuh.Anak sehat nafsu makannya baik Sehingga akan mempengaruhi terjadinya peningkatan berat badan.Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui pengaruh pemberian tabur gizi Mix-Me terhadap peningkatan Berat Badan balita umur 6-24 bulan di Desa Bendan Kecamatan Manisrenggo Kabupaten Klaten.
Jenis penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian eksperimental One Group Pre-test and Post-test design. Metode pengambilan data cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan sampel jenuh yaitu semua balita umur 6-24 bulan sebanyak 52 anak. Variabel yang diteliti adalah Pemberian tabur gizi Mix- Me dan Peningkatan Berat Badan balita umur 6-24 bulan. Analisa data pada penelitian ini menggunakan menggunakan T-Test data berpasangan antara Pre-Test dan Post-Test. Analisa sebelum dilakukan pemberian tabur gizi Mix-Me didapatkan Mean sebesar 9,438. Sedangkan setelah dilakukan pemberian tabur gizi Mix-Me mempunyai Mean sebesar 9,813 sehingga terjadi kenaikan rata-rata sesudah perlakuan sebesar 0,375.didapat nilai p = 0.000 ( p < 0,05 ).
Kesimpulan menunjukan Ada pengaruh pemberian tabur gizi Mix-Me terhadap peningkatan Berat Badan anak umur 6-24 bulan.Saran dari peneliti diharapkan pemerintah melanjutkan progam pemberian tabur gizi Mix-Me guna peningkatan kesehatan Balita, ibu balita memperhatikan gizi dan memberikan makanan yang mengandung gizi seimbang, ibu balita setiap bulan datang ke posyandu untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anaknya.
Kata Kunci:  Pemberian tabur gizi - Tabur gizi Mix-Me – Peningkatan berat badan anak umur 6-24 bulan
Penulis: Endang Wahyuningsih
Kode Jurnal: jpkeperawatandd140405

JURNAL BERHUBUNGAN: