PENGARUH PELATIHAN PEMBERIAN MAKAN PADA BAYI DAN ANAK TERHADAP PENGETAHUAN KADER DI WILAYAH PUSKESMAS KLATEN TENGAH KABUPATEN KLATEN

ABSTRAK: Belakang Penelitian, Selama ini ibu tidak tepat dalam pemberian makan pada bayi dan anak. Strategi untuk memperluas cakupan pemberian makan bagi bayi dan anak sesuai standar adalah melalui pelatihan PMBA kepada para kader yang berperan dalam pembinaan masyarakat di bidang kesehatan melalui kegiatan Posyandu. Pelatihan tentang PMBA pada kader terutama untuk meningkatkan pengetahuan tentang PMBA serta pemantauan pertumbuhan balita, keterampilan dasar konseling dan penggunaan alat bantu konseling secara efektif Metode penelitian adalah quasy experiment dengan rancangan one-group pra-post test design. Populasi penelitian adalah semua kader kesehatan di wilayah Puskesmas Klaten Tengah Kabupaten Klaten sebanyak 362 orang. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling diperoleh sebanyak 37 responden.
Instrumen yang digunakan adalah lembar kuesioner. Data di analisis menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan kader tentang pemberian makan pada bayi dan anak sebelum diberi pelatihan sebagian besar adalah cukup (62,2%) responden, sedangkan setelah diberi pelatihan, responden berpengetahuan cukup berkurang menjadi (51,4%) responden dan p value sebesar 0,001 (p < 0,05).
Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh pelatihan pemberian makan pada bayi dan anak terhadap pengetahuan kader di wilayah Puskesmas Klaten Tengah Kabupaten Klaten. Saran bagi kader yaitu harus melakukan sosialisasi dengan ibu khususnya yang memiliki bayi usia 0-24 bulan agar mau melaksanakan PMBA yang sesuai.
Kata kunci: pelatihan, pemberian makan pada bayi dan anak, pengetahuan
Penulis: Endang Wahyuningsih, Sri Handayani
Kode Jurnal: jpkeperawatandd150522

JURNAL BERHUBUNGAN: