PENGARUH LATIHAN TERHADAP KEKUATAN OTOT BISEP PADA LANSIA DI POSYANDU LANSIA KANTIL KELURAHAN JUWIRING KECAMATAN JUWIRINGKLATEN

Abstract: Ketika manusia mengalami penuaan, jumlah ,massa otot tubuh mengalami penurunan. Lansia mengalami penurunan pada sistem muskuloskeletal. Salah satu diantaranya adalah penurunan kekuatan otot yang disebabkan oleh penurunan massa otot (atrofi otot). Perubahan gaya hidup dan penurunan penggunaan sistem neuromuskular adalah penyebab utama untuk kehilangan kekuatan otot. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kekuatan otot diperlukan suatu latihan yang dikenal dengan senam lansia, selain meningkatkan kekuatan otot senam lansia dapat meningkatkan kebugaran. Di tempat penelitian yang dilakukan belum pernah dilakukan penelitian dengan judul serupa.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot bisep pada lansia yang melakukan senam lansia dan tidak melakukan senam lansia.
Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan rancangan pretest-posttest with control-group design. Subyek penelitian ini adalah lansia yang berumur 60-80 tahun dan sesuai dengan kriteria yang berada di Posyandu Lansia Kantil. Sampel yang digunakan berjumlah 34 responden dengan pembagian 17 perlakuan dan 17 kontrol. Metode pengumpulan data dengan pengukuran kekuatan otot bisep yang diukur dengan dynamometer dan hasil pengukuran ditulis ke dalam lembar observasi. Data diambil sebelum perlakuan dan satu bulan setelah perlakuan yang melakukan latihan (senam nifas) dan tidak latihan (melakukan senam nifas). Kemudian hasil pengukuran dianalisis dengan pendekatan analitik menggunakan uji statistika t-test.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kekuatan otot bisep pra test pada kelompok perlakuan 3,2 Kg dan kontrol 3,3 Kg sedangkan rata-rata peningkatan kekuatan otot bisep pada kelompok perlakuan 3,9 Kg dan kelompok kontrol 3,2 Kg dengan St.Deviasi 0,466 dan hasil uji statistik dengan uji t-independent signifikansi <0,05 (0,000<0,05) hasilnya ada perbedaan yang bermakna.Senam lansia dapat mempengaruhi peningkatan kekuatan otot bisep.
Kata kunci: Lansia, peningkatan kekuatan otot bisep, senam lansia
Penulis: Esri Rusminingsih
Kode Jurnal: jpkeperawatandd120320

JURNAL BERHUBUNGAN: