PENGARUH KEBIASAAN MEROKOK PADA USIA DEWASA TERHADAP KEJADIAN HIPERTENSI DI DUKUH JOMBOR DESA DANGURAN KECAMATAN KLATEN SELATAN

Abstract: Masalah merokok mulai diperhatikan baik didunia maupun diIndonesia. Lima ratus juta orang yang dewasa ini hidup dimuka bumi akan meninggal akibat kebiasaan merokok. Kebiasaan merokok ini merupakan penyebab kematian 10% penduduk dunia. Pada tahun 2030, atau bahkan mungkin lebih cepat dari itu, satu dari enam manusia akan meninggal akibat kebiasaan merokok Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti memperoleh data bahwa penduduk di Desa Danguran berjumlah 5.569 orang, terdiri dari jumlah laki-laki 2.647 orang dan jumlah perempuan 2.922 orang, jumlah usia dewasa yang merokok di Dukuh Jombor 74 orang dan yang terjadi hipertensi 47 orang.
Tujuan: penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kebiasaan merokok pada usia dewasa terhadap kejadian hipertensi.
Metode: penelitian deskriptif analitik, Populasi pada penelitian ini adalah semua usia dewasa yang merokok di wilayah Dukuh Jombor Desa Danguran Kecamatan Klaten Selatan.
Hasil: penelitian menunjukkan karakteristik dari 74 responden sebagian besar pada kelompok umur antara 36-40 tahun sebanyak 32 responden (43,2%), berpendidikan SMA sebanyak 33 responden (44,6%), jenis pekerjaan sebanyak 41responden (55,4%).
Kesimpulan:  dari penelitian ini bahwa ada pengaruh kebiasaan merokok terhadap kejadian hipertensi.
Kata Kunci: Pengaruh kebiasaan merokok, kejadian hipertensi
Penulis: Marwanti
Kode Jurnal: jpkeperawatandd130476

JURNAL BERHUBUNGAN: