Pengaruh Karakteristik dan Kapabilitas Individu Serta Karakteristik Organisasi terhadap Persepsi Kinerja Perawat Perkesmas di Puskesmas Kota Palembang

Abstract: Perawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas ) merupakan salah satu upaya program pengembangan puskesmas yang kegiatannya terintegrasi dalam upaya kesehatan wajib dan upaya kesehatan pengembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh karakteristik dan kapabilitas individu, serta karakteristik organisasi  terhadap persepsi kinerja perawat perkesmas di puskesmas kota Palembang.  Penelitian ini merupakan penelitian  analitik  dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat perkesmas di puskesmas, sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi berjumlah 78 orang perawat perkesmas di 39 puskesmas.  Analisis data univariat untuk menggambarkan karakteristik responden, bivariat menggunakan uji chi square dan regresi logistik ganda.
Analisis bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan antara masa kerja dengan kinerja (p=0,000), kepemimpinan dengan kinerja (p=0,001), kompensasi dengan kinerja (p=0,014), beban kerja dengan kinerja (p=0,000), pengetahuan dengan kinerja (p=0,003), sikap dengan kinerja (p=0,000), keterampilan dengan kinerja (p=0,000), sedangkan yang tidak berhubungan kinerja adalah umur, jenis kelamin, status perkawinan, pendidikan dan budaya kerja.
Beban kerja baik akan menghasilkan kinerja baik 6 kali dibanding beban kerja kurang baik.  Pengetahuan baik akan menghasilkan kinerja baik 7 kali dibanding dengan pengetahuan kurang baik. Sikap baik akan menghasilkan kinerja baik 37 kali dibanding dengan sikap kurang baik. Sedangkan keterampilan baik akan menghasilkan kinerja baik 6 kali dibanding dengan keterampilan kurang baik. Kesimpulan penelitian ini diharapkan kepada perawat Perkesmas di Puskesmas agar mempunyai sikap yang baik dalam melaksanakan program perkesmas untuk meningkatkan kinerja agar optimal sesuai yang diharapkan.
Kata kunci: Persepsi terhadap kinerja perawat, Karakteristk Organisasi, karakteristik dan kapabilitas individu, Perkesmas
Penulis: Lela Harmiyati, Fauziah Nuraini Kurdi, Sulastri
Kode Jurnal: jpkedokterandd160169

JURNAL BERHUBUNGAN: