PENGARUH AKTIVITAS BERMAIN PERAN DENGAN HAND PUPPET TERHADAP KEMANDIRIAN DALAM PEMENUHAN ACTIVITY DAILY LIVING (ADL) PADA ANAK RETARDASI MENTAL RINGAN DI SDLB NEGERI JUWETKENONGO PORONG SIDOARJO

ABSTRAK: Anak dengan retardasi mental memiliki fungsi intelektual yang bermakna dan dibawah rata-rata sehingga menyebabkan gangguan dalam perilaku adaptifnya. Hal tersebut menyebabkan anak mulai mengalami keterlambatan dalam berbagai hal, diantaranya keterampilan merawat diri dan kemandirian dalam pemenuhan aktivitas sehari-hari. Kemandirian dalam hal aktivitas seharihari sangat diperlukan oleh anak dengan retardasi mental agar anak mampu mengurus diri sendiri, sehingga anak tidak menjadi beban bagi orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh aktivitas bermain peran dengan hand puppet terhadap kemandirian dalam pemenuhan Activity Daily Living (ADL) pada anak retardasi mental ringandi SDLB Negeri Juwetkenongo Porong Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-experimental, dengan pendekatan one group pre-test-post test design. Sample yang diteliti adalah 10 anak usia sekolah kelas 1-3 di SDLB Negeri Juwetkenongo Porong Sidoarjo yang diambil dengan teknik Nonprobabiliti purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah media (Hand Puppet) boneka tangan dan lembar observasi yang kemudian dianalisis menggunakan uji statistic Wilcoxon Signed Rank Test dengan tingkat kemaknaan ɑ <0,05.
Kata Kunci: Retardasi mental, Kemandirian, Activity Daily Living (ADL), Hand Puppet
Penulis: Reliani, Fatin Lailatul B
Kode Jurnal: jpkeperawatandd150505

JURNAL BERHUBUNGAN: