PENETAPAN KADAR VITAMIN C PADA BUAH BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi L.) SECARA IODIMETRI

Abstract: Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air, vitamin C bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, serta mampu menyerap zat besi dari makanan yang dibutuhkan untuk mencegah anemia. Buah belimbing wuluh mempunyai rasa yang asam sehingga peneliti tertarik untuk mencari peresentase kadar vitamin C yang terdapat pada buah belimbing wuluh. Untuk menentukan kadar vitamin C pada buah belimbing wuluh digunakan metode iodimetri.
Populasi pada penelitian ini adalah belimbing wuluh, sampel yang digunakan adalah buah belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L.) yang sudah matang, dan berumur 5 – 8 minggu. Sampel diambil di desa Sendang, Ngerangan, Bayat, Klaten. Penetapan kadar vitamin C pada buah belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L.) dilakukan dengan metode Iodimetri menggunakan larutan baku Iodium 0,1N.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar vitamin C dalam buah belimbing wuluh mengandung 0,0826 % vitamin C per 991 mg filtrat belimbing wuluh. Kesimpulan pada penelitian ini adalah kadar vitamin C pada buah belimbing wuluh 0,0826 % per 991 mg filtrat belimbing wuluh.
Kata Kunci: Kadar vitamin C, belimbing wuluh, iodimetri
Penulis: Anita Agustina, Rahmi Nurhaini
Kode Jurnal: jpkeperawatandd140397

Artikel Terkait :